POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Hampir gerhana bulan total

Pada 19 November 2021 (malam tanggal 18 di beberapa zona waktu), Bulan melewati bayangan Bumi, mengakibatkan gerhana bulan sebagian yang begitu dalam sehingga bisa disebut hampir seluruhnya. diatribusikan kepadanya: NASAStudio Visualisasi Ilmiah

Apa itu gerhana bulan “hampir total”?

Gerhana bulan terjadi ketika Matahari, Bumi, dan Bulan sejajar sehingga Bulan lewat dalam bayangan Bumi. Dalam gerhana bulan penuh, seluruh bulan jatuh ke bagian tergelap dari bayangan bumi, yang disebut bayangan. Dalam gerhana ini, hingga 99,1% dari piringan bulan akan berada dalam bayangan Bumi.

Bagaimana saya bisa melihat gerhana?

Pemandangan terbaik adalah di sekitar puncak gerhana, pada 19 November pukul 09:03 UTC/4:03 EDT/1:03 PDT. Bagian dari gerhana ini dapat dilihat di seluruh Amerika Utara, serta sebagian besar Amerika Selatan, Polinesia, Australia timur, dan Asia timur laut.

Peta dunia yang menunjukkan di mana gerhana terjadi pada saat gerhana terbesar. Bagian awal gerhana muncul di timur jauh, sementara waktu kemudian muncul di barat jauh. Kredit: Studio Visualisasi Sains NASA

Apa yang bisa saya harapkan untuk diperhatikan?

Semua waktu adalah UTC pada 19 November 2021.

6:02 Gerhana dimulai Bulan memasuki bayangan Bumi, bagian terluar dari bayangan. Bulan mulai redup, tetapi efeknya cukup halus.
7:19 Gerhana sebagian dimulai Bulan mulai memasuki bayangan bumi dan gerhana sebagian dimulai. Dengan mata telanjang, ketika bulan bergerak ke dalam bayang-bayang, tampak bahwa alat penyengat dikeluarkan dari piringan bulan. Bagian bulan di dalam bayangan akan terlihat sangat gelap.
8:45 Merah menjadi terlihat
9:03 puncak gerhana Puncak gerhana terjadi pada 09:03 UTC. Ini adalah waktu terbaik untuk melihat warna merah.
9:20 Merah tidak lagi terlihat Kemerahan memudar karena kurang dari 95% Bulan berada dalam bayangan Bumi. Tampaknya sengatan diambil dari sisi jauh bulan sebelumnya.
10:47 Gerhana sebagian berakhir Seluruh bulan berada di semi-bayangan Bumi, tetapi sekali lagi, peredupannya tidak kentara.
12:04 Gerhana Penumbra Berakhir Gerhana sudah berakhir.
READ  Penelitian menunjukkan bahwa hanya 7% dari DNA kita yang unik untuk manusia modern

Apa lagi yang bisa saya lihat malam ini?

Selama gerhana, bulan bergerak melalui bagian barat konstelasi Taurus. Gugus bintang Pleiades ada di kanan atas, dan gugusan Hyades—termasuk bintang paling terang Aldebaran, mata Taurus—ada di kiri bawah. Berikut adalah lebih banyak tips mengamati langit untuk bulan November.

Mengapa bulan menjadi merah saat terjadi gerhana bulan?

Fenomena yang sama yang membuat langit kita biru dan matahari terbenam kita kemerahan menyebabkan bulan menjadi merah selama gerhana bulan. Ini disebut hamburan Rayleigh. Cahaya merambat dalam bentuk gelombang, dan warna cahaya yang berbeda memiliki sifat fisik yang berbeda. Cahaya biru memiliki panjang gelombang yang lebih pendek dan lebih mudah disebarkan oleh partikel di atmosfer bumi daripada cahaya merah yang memiliki panjang gelombang lebih panjang. Di sisi lain, cahaya merah bergerak langsung melalui atmosfer. Ketika matahari berada di langit, kita melihat cahaya biru di seluruh langit. Tetapi ketika matahari terbenam, sinar matahari harus melewati lebih banyak atmosfer dan melakukan perjalanan lebih jauh sebelum mencapai mata kita. Cahaya biru dari Matahari dihamburkan, dan cahaya dengan panjang gelombang yang lebih panjang melewati warna merah, jingga, dan kuning.

Pemandangan bulan merah di bumi

Lanskap bulan di latar depan memerah oleh sinar matahari yang disaring melalui atmosfer bumi. Matahari tertutup oleh Bumi, tetapi pancaran korona terlihat. Kredit: Studio Visualisasi Sains NASA

Selama gerhana bulan, bulan berubah menjadi merah karena satu-satunya sinar matahari yang mencapai bulan melewati atmosfer bumi. Semakin banyak debu atau awan di atmosfer bumi saat terjadi gerhana, maka bulan akan tampak semakin merah. Seolah-olah semua matahari terbit dan terbenam di dunia diproyeksikan ke bulan.

READ  5 dari 7 kematian baru akibat COVID-19 yang dilaporkan di Utah pada hari Selasa adalah orang-orang di bawah usia 65 tahun.