POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Hadiah Alexander Dalrymple 2020 diserahkan kepada Wakil Laksamana Dr. Harjo Susmore

Hadiah Alexander Dalrymple 2020 diserahkan kepada Wakil Laksamana Dr. Harjo Susmore

Kepala Hidrografer Indonesia, Laksamana Nouridayat, memimpin penyerahan Penghargaan Alexander Dalrymple 2020 kepada Wakil Laksamana Dr. Harjo Susmuru dalam sebuah upacara di Jakarta pada 26 Agustus tahun ini. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Laksamana Nasional Rhett Hatcher dari Inggris, atas nama United Kingdom Hydrographic Office (UKHO).

Penyerahan penghargaan tertunda karena pandemi, dan setelah pembatasan dilonggarkan, upacara diadakan di kantor pusat Pusat Hidrografi dan Oseanografi Indonesia, Pochidrosal, di Jakarta.

Laksamana Madya Susumuru menjabat sebagai Kepala Hidrografer Indonesia antara 2016 dan 2020; Saat ini beliau menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional Indonesia dan orang Indonesia pertama yang menerima penghargaan tersebut dalam 15 tahun sejarahnya.

Laksamana Madya Susmo mendapat penghargaan dari UKHO sebagai hasil dari kepemimpinannya yang luar biasa dan menginspirasi untuk hidrografi nasional dan internasional. Menerima Penghargaan Alexander Dalrymple atas kontribusinya yang luar biasa dalam mendukung pengembangan ekonomi maritim Indonesia dan meningkatkan ketahanan bencana di kawasan.

Sebagai Kepala Departemen Hidrografi di Indonesia, Susmoro memimpin transformasi PUSHIDROSAL menjadi salah satu kantor hidrografi terkemuka di dunia. Di bawah kepemimpinannya, Indonesia telah membuka akses ke data kelautan melalui portal data nasionalnya dan telah menunjukkan kemajuan tanpa henti dalam survei dan pemetaan perairan Indonesia. Selain mendukung keselamatan pelayaran komersial di wilayah tersebut, pekerjaan investigasi PUSHIDROSAL telah membuka pertumbuhan ekonomi baru, memungkinkan kunjungan kapal pesiar pertama ke pulau Lombok dan Benoa.

Puchidrosal berperan besar dalam upaya pencarian dan penyelamatan pasca tragedi Lion Air Penerbangan 610, yang jatuh di Laut Jawa pada 2018. Selanjutnya, dalam penyelidikan setelah gempa Sulawesi dan letusan Anak Krakatau, yang keduanya menyebabkan kematian. tsunami, VAdm Susmoro memimpin kontribusi PUSHIDROSAL untuk Mengembangkan dan meningkatkan sistem peringatan tsunami, yang membantu melindungi masyarakat pesisir dengan lebih baik dari bencana alam semacam itu.

READ  PDB Nigeria bisa turun $139 pada tahun 2030 karena keruntuhan ekosistem

Mengomentari Hadiah Alexander Dalrymple 2020, Laksamana Rhett Hatcher, Hidrografer Nasional Inggris, mengatakan: “Saya senang bahwa Hadiah Alexander Dalrymple 2020 mengakui pencapaian luar biasa dari Wakil Laksamana Susmoreau. Setelah penundaan yang disebabkan oleh pandemi, saya sangat senang untuk akhirnya dapat memberikan penghargaan sebagai pengakuan atas karyanya. Warisan Wakil Laksamana Susmoreau tertulis dalam persahabatan dan kerjasama yang erat antara Bouchedrosal dan UKHO dan saya berharap dapat melanjutkan pekerjaan kita sehingga bersama-sama kita dapat mendukung lautan yang aman dan sejahtera.”

Laksamana Madya Dr. Harjo Susmuru menambahkan, “Merupakan suatu kehormatan untuk menerima penghargaan ini. Indonesia telah membuktikan dirinya sebagai kontributor aktif kawasan dan komunitas hidrografi internasional, dan saya senang diakui dengan cara ini dan sangat bangga dengan kerja tim saya.”

Laksamana Madya Nurhidyat, Kepala Hidrograf Indonesia, lebih lanjut berkomentar: “Mengakui hidrografi sebagai komponen kunci dalam keberhasilan perekonomian Indonesia dan keselamatan masyarakat, Laksamana Madya Dr. Harjo Susmuru telah memimpin pengembangan keterampilan teknis dan kemampuan survei baik di dalam maupun di luar negeri. Pochidrosal dan regional.

“Saya senang bahwa Wakil Laksamana Sosmura telah dianugerahi Penghargaan Alexander Dalrymple dan saya bangga untuk melanjutkan warisannya, terutama dalam memastikan bahwa sejarah panjang persahabatan dan kerja sama antara Indonesia dan Inggris terus berkembang.”