POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Gunung berapi Sinapung di Indonesia meletus – Prancis24

Diposting pada:

Medan (Indonesia) (AFP)

Gunung Sinapung, Indonesia, meletus pada hari Jumat, mengirimkan asap dan abu yang sangat besar hingga 2.800 meter ke langit.

Gunung berapi di Sumatera Utara mulai menangkap abu dan material vulkanik pada pukul 9 pagi, dan letusan berlangsung hampir enam menit, menurut Survei Geologi setempat.

Gambar menunjukkan kolom abu-abu tebal dari dalam Sinapung ke arah timur.

Tidak ada perintah evakuasi yang dikeluarkan dan penerbangan tidak terganggu.

Pihak berwenang telah menyarankan warga untuk menghindari radius lima kilometer di sekitar jurang, yang telah kosong selama bertahun-tahun karena peningkatan aktivitas vulkanik.

“Penduduk dan turis tidak boleh mengambil tindakan apa pun di sekitar Gunung Sinapung atau desa-desa terlantar karena aktivitas vulkanik tinggi,” kata Petugas Pemantau Gunung Sinabung Mohammed Noorul Azori kepada AFP, seraya menambahkan bahwa tingkat kewaspadaan vulkanik tidak berubah di tingkat ketiga.

Sinapung, gunung berapi setinggi 2.460 meter (8.070 kaki), tidak aktif selama berabad-abad sebelum dihidupkan kembali ketika letusan tahun 2010 menewaskan dua orang.

Setelah masa tidak aktif lainnya, gunung meletus lagi pada tahun 2013, dan sejak itu sangat aktif.

Indonesia – negara kepulauan dengan lebih dari 17.000 pulau dan kepulauan – memiliki hampir 130 gunung berapi aktif.

Ia berada di sabuk “cincin api” batas lempeng tektonik di sekitar Samudera Pasifik, di mana aktivitas seismik sering terjadi.

READ  Pada tahun 2021, Presiden Joko Widodo membuka empat bendungan di Jawa Timur