POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Gubernur desak kerja sama tiga sektor di U20 pascapandemi

Gubernur desak kerja sama tiga sektor di U20 pascapandemi

Kota-kota di dunia memegang peranan penting sebagai garda terdepan dalam menanggulangi berbagai tantangan yang dihadapi oleh penduduk kota.

Jakarta (Antara) – Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan menekankan kerja sama tiga bidang utama investasi Pemprov DKI, energi, dan ketenagakerjaan dalam Urban Forum (U20) untuk menghadapi tantangan pascapandemi Covid-19.

“Kota-kota di dunia berperan penting sebagai garda terdepan dalam mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi penduduk kota,” kata Basveden, Sabtu.

U20 diselenggarakan di bawah Sherpa Track of the G20 untuk membahas masalah dan tantangan yang muncul di kota-kota, yang terutama menangani krisis iklim global dan berjuang untuk pembangunan berkelanjutan.

Berita Terkait: Y20: Jakarta melibatkan pemuda dalam pembuatan kebijakan publik

Basveden menaruh perhatian pada tiga bidang utama, termasuk investasi di sektor kesehatan dan perumahan umum, sebagai basis pemulihan ekonomi dan sosial.

Area kedua yang diprioritaskan adalah mempromosikan akses yang setara ke transisi energi berkelanjutan dan mobilitas berkelanjutan, dan ketiga, memberikan pendidikan dan pelatihan terkait masa depan pekerjaan untuk akses yang sama ke pasar tenaga kerja.

Melalui U20, kota-kota yang mewakili negara-negara anggota G20 berkomitmen untuk bekerja sama dengan pemerintah nasional untuk mengatasi tantangan paling mendesak yang dihadapi dunia, termasuk pemulihan dari krisis yang disebabkan oleh pandemi COVID-19.

Dia menegaskan selain isu pandemi Covid-19, forum tersebut akan membahas isu terkait kedaruratan iklim dan meningkatnya ketimpangan struktural.

Tahun ini, dengan mengusung tema Post-Pandemic Cities, U20 akan fokus pada isu dan tantangan yang dihadapi kota-kota akibat pandemi Covid-19.

Berita Terkait: Jakarta menargetkan 50 persen armada Trans Jakarta bisa dialiri listrik pada 2025.

Menurut Baswedan, pertemuan U20 di Jakarta akan menjadi ajang bertukar pikiran dan gagasan untuk menjawab tantangan global yang semakin kompleks.

READ  Menteri mencari bantuan AS untuk melatih guru bagi penderita sindrom Down

Jakarta akan menjadi tuan rumah pertemuan pimpinan pemerintah kota yang mewakili negara-negara anggota G20 atau Urban 20 Mayors Summit di Jakarta Pusat pada 30-31 Agustus 2022.

Nantinya, Forum U20 akan memberikan rekomendasi upaya menjawab tantangan pemerintah kota kepada pemerintah Indonesia yang menjabat sebagai presiden G20 dalam agenda KTT tingkat tinggi di Bali, Nusa Dua pada 15-16 November 2022. .

Berita Terkait: Gubernur DKI Jakarta Kunjungi Jepang Bahas Kerjasama Transportasi

Berita Terkait: Gubernur membatasi tarif transportasi gabungan pada Rs 10.000