POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Gojek, Tokopedia hampir saja menciptakan juara teknologi Indonesia

Gojek, Tokopedia hampir saja menciptakan juara teknologi Indonesia

Singapura: Tiga orang yang mengetahui masalah ini mengatakan kepada Reuters pada hari Jumat bahwa perusahaan transportasi, pembayaran dan pembayaran Indonesia Gojek dan perusahaan e-commerce terkemuka Tokopedia hampir menyelesaikan merger yang diusulkan karena mereka bersiap untuk mencari persetujuan resmi dari pemegang saham.

Penggabungan GoJek-Tokopedia – yang sebelumnya bernilai $ 18 miliar – akan menciptakan kekuatan teknologi yang memajukan belanja online, layanan kurir, pengiriman makanan, pengiriman makanan, dan layanan lain di ekonomi terbesar di Asia Tenggara.

Investor di Tokopedia termasuk Alibaba Group Holding Ltd. dan SoftBank Group, sedangkan Gojec termasuk Warburg Pincus dan Tencent Holdings.

Reuters melaporkan pada bulan Januari bahwa Gojek dan Tokopedia sedang dalam pembicaraan merger lanjutan menjelang kemungkinan pencatatan ganda di Jakarta dan Amerika Serikat. Salah satu orang yang disebutkan di atas mengatakan Jumat, jika persetujuan pemegang saham diperoleh, startup berusia satu dekade akan pindah untuk menyelesaikan kesepakatan setelah beberapa minggu. Orang lain berkata, “Semua persyaratan kesepakatan telah disepakati. Ini menyatukan dua perusahaan yang tidak bersaing satu sama lain.”

Orang-orang menolak untuk mengungkapkan identitas mereka karena sensitifnya masalah tersebut. Gojek dan Tokopedia menolak berkomentar.

Investor populer di Gojek dan Tokopedia termasuk investor pemerintah Singapura Temasek Holdings, Sequoia Capital, dan Google.

Kesepakatan yang berhasil dapat mengubah lanskap di pasar e-commerce Indonesia, yang telah mempercepat laju pertumbuhannya karena epidemi pembatasan tinggal di rumah menyebabkan peningkatan permintaan pengiriman makanan dan pembayaran elektronik. Kesepakatan yang diusulkan juga terjadi pada saat minat investor yang tumbuh di sektor teknologi yang tumbuh cepat di Asia Tenggara.

Sumber mengatakan bulan lalu, bahwa Jarab, perusahaan layanan pengiriman makanan dan minuman terbesar di kawasan itu, sedang dalam pembicaraan IPO melalui mergernya dengan perusahaan Special Purpose Acquisition (SPAC) AS. Sea yang berbasis di Singapura juga menyajikan makanan dan layanan keuangan di Indonesia.

READ  Associated Press: Kapal selam Indonesia hilang, dengan 53 di dalamnya