POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Gojek dan Tokopedia bergabung di Indonesia untuk menciptakan raksasa teknologi

Penyedia layanan penyewaan dan pembayaran mobil Indonesia Gojek dan perusahaan e-commerce terkemuka Tokopedia telah setuju untuk bergabung untuk membuat perusahaan teknologi multi-miliar dolar bernama GoTo dalam kesepakatan terbesar yang pernah ada di negara ini.

Entitas bersama, yang akan mencakup belanja online, layanan kurir, layanan penumpang, pengiriman makanan, dan layanan lainnya di ekonomi terbesar di Asia Tenggara, akan menjadi perusahaan teknologi milik swasta terbesar di Asia Tenggara.

Eksekutif perusahaan menyatakan rencananya untuk listing di Indonesia dan Amerika Serikat akhir tahun ini. Dalam pernyataan bersama pada hari Senin, perusahaan mengatakan penilaian gabungan mereka sebelumnya adalah $ 18 miliar berdasarkan penggalangan dana yang terjadi pada 2019 dan awal 2020.

Penggabungan Gojek dan Tokopedia – masing-masing didukung oleh investor kelas berat global – terjadi di tengah meningkatnya persaingan di pasar layanan pengiriman penumpang dan makanan di Asia Tenggara.

Bulan lalu, Grab, perusahaan berkuda dan pengiriman makanan terbesar di Asia Tenggara, menandatangani merger senilai $ 40 miliar dengan perusahaan akuisisi bertujuan khusus, perusahaan internet regional yang berbasis di Singapura, Sea Ltd (SE.N), yang mengoperasikan platform e-commerce. Shopee., Juga bergerak dalam pengiriman makanan dan layanan keuangan. Baca lebih banyak

Investor GoTo utama termasuk Alibaba Group Holding (9988.HK), SoftBank Group (9984.T), GIC sovereign wealth fund Singapura, Google, dan Tencent Holdings (0700.HK).

Sumber tersebut mengatakan pemegang saham Gojek akan memiliki 58% saham perusahaan induk dengan sisanya dimiliki oleh investor Tokopedia.

“Model bisnis kami sekarang lebih terdiversifikasi, stabil, dan berkelanjutan. Kami memiliki transaksi mobilitas frekuensi tinggi dan frekuensi tinggi Gojek, serta transaksi e-commerce bernilai tinggi dan frekuensi menengah Tokopedia,” kata Patrick Kao, Presiden Tokopedia .

READ  Vietnam sedang berupaya untuk mentransfer teknologi mRNA di tengah masalah pasokan vaksin COVID-19

Kao akan menjadi presiden GoTo dan CEO Gojek Andre Soelistyo akan menjadi CEO.

Kesepakatan GoTo tercapai dengan cepat pada bulan Desember setelah berbulan-bulan negosiasi antara Gojek dan Grab yang berbasis di Singapura. Dengan model Alphabet, Gojek, dan Tokopedia, Anda berencana untuk tetap terpisah tetapi bekerja sama dalam pembayaran, logistik, dan pengiriman makanan.

Saat e-commerce berkembang pesat di Indonesia, 17.000 pulau tersebar di wilayah yang lebih luas di Uni Eropa, menjadikannya pasar yang merugi bagi perusahaan e-commerce.

Goldman Sachs adalah penasihat keuangan Gojek, dan Citi adalah penasihat keuangan Tokopedia.

Kriteria Kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.