POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Gempa bumi berkekuatan 6,4 skala richter mengguncang pulau Sumatera Indonesia

Gempa bumi berkekuatan 6,4 skala richter mengguncang pulau Sumatera Indonesia

JAKARTA (Reuters) – Gempa bumi dengan magnitudo 6,4 mengguncang lepas pantai pulau Sumatra, Indonesia, gempa ketiga yang melanda wilayah itu sejak Senin pagi, kata badan geofisika Indonesia.

Badan Meteorologi dan Geofisika Indonesia mencatat gempa dangkal di lepas pantai Kepulauan Mentawai, di lepas pantai barat Sumatera sebelum pukul 10:30 pagi, dan mengatakan belum mengeluarkan peringatan tsunami.

Tiga gempa bumi berturut-turut telah melanda wilayah tersebut dengan intensitas yang meningkat sejak dini hari Senin, dengan gempa berkekuatan 5,2 yang tercatat sebelum fajar, diikuti oleh gempa berkekuatan 5,4 kurang dari satu jam kemudian.

Badan penanggulangan bencana mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa gempa berkekuatan 6,4 itu dirasakan oleh penduduk selama beberapa detik di Kepulauan Mentawai di ibukota provinsi Padang dan di sekitar pegunungan kabupaten Bukittinggi.

Tidak ada laporan cedera, tetapi kerusakan ringan pada bangunan di pulau Siberut, kata badan tersebut.

Sementara itu, Nofriadi, pejabat bencana setempat di Kepulauan Mentawai, mengatakan kepada Reuters bahwa penduduk di beberapa desa dievakuasi ke tempat yang lebih tinggi, dan gereja, sekolah, dan fasilitas kesehatan setempat rusak ringan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengimbau masyarakat untuk tidak panik dan memperingatkan kemungkinan gempa susulan.

Padang dilanda gempa bumi berkekuatan 7,6 pada tahun 2009 yang menewaskan lebih dari 1.100 orang, melukai lebih banyak lagi, dan menyebabkan kehancuran yang meluas.

Indonesia terletak di kedua sisi yang disebut Cincin Api Pasifik, di mana berbagai lempeng tektonik kerak bumi bertemu dan sering menyebabkan aktivitas seismik.

READ  Anggota parlemen Singapura mempertanyakan bagaimana perjanjian pengelolaan wilayah udara dengan Indonesia akan menguntungkan perekonomian Republik Changi | Singapura