POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Gempa berkekuatan 5,0 SR mengguncang Sumatera Utara

Tempo.co., Jakarta – A Gempa bumi Pada Selasa malam, 2 November, Niaz diguncang magnitudo 5,0 skala Richter. Tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan.

Pusat gempa dilaporkan pada 20:39 GMT, menurut Badan Meteorologi Meteorologi dan Geologi (BMKG). Itu berpusat di laut 138 kilometer barat daya Niaz barat di Sumatera Utara. Hiposenter tercatat pada jarak 10 km

Gempa pertama terjadi di tempat yang sama pada pukul 00:04 dini hari WIB, yang tercatat berkekuatan 5,9 M. Pada pagi hari, BMKG mencatat 10 kali gempa di Nias Barat.

Gempa pertama dikatakan berasal dari luar zona subduksi, bukan dari zona megathrust yang mampu menghasilkan gempa besar. “Hal ini terlihat dari mekanisme sumber patahan normal,” kata Tariono, koordinator BMKG Departemen Mitigasi Gempa dan Tsunami.

Namun, pusat gempa dilaporkan di bawah dasar Samudra Pasifik; tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan. Jelas terasa di dalam rumah bahwa truk yang lewat, seperti jendela dan pintu, mengeluarkan suara dari dinding, bahkan bisa menghancurkan gerabah.

Namun, pusat gempa dilaporkan di bawah dasar Samudra Pasifik; tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan.

Melangkah: Gempa 6,4 m guncang Nias, Kunungsitoli

Zacharias Vuragil

READ  Penyelenggara haji ingin larangan jemaah haji dicabut