POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Gempa berkekuatan 4,0 SR melanda Padang Panjang, Sumatera Barat, pada Senin pagi, kata BMKG.

Tempo.co, JakartaA Gempa bumi Gempa berkekuatan magnitudo 4,0 melanda Padang Panjang, Sumatera Barat dan sekitarnya pada Senin pagi, 10 Juni 2024.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau PMKG menyebutkan pusat gempa terletak 15 kilometer barat laut Padang Panchang pada kedalaman 10 kilometer. Gempa terjadi pada pukul 05:54 WIB (Waktu Indonesia Barat).

Gempa bumi ini terjadi dangkal dan disebabkan oleh aktivitas Sesar Sianok, kata Tariono, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG.

Di Padang Panjang, goyangan truk yang melintas sangat terasa di level MMI III. Di wilayah seperti Bukittinggi, Batang Bariman, dan Agam, gempa dirasakan pada tingkat II-III MMI.

BMKG mencatat, gempa Batang Panjang merupakan hari kedua setelah gempa tengah malam berkekuatan 4,2 SR di Bangandaran, Jawa Barat.

Informasi awal BMKG, gempa Pangandaran berpusat di kedalaman 43 kilometer lepas pantai, 82 kilometer barat daya Kabupaten Pangandaran.

Dalam kitab Zakharia

Seleksi Guru: Jawa Timur ditetapkan menjadi destinasi wisata domestik terpopuler Indonesia pada tahun 2023

klik disini melakukan mendapatkan Update berita terkini Tempo di Google News

READ  Indonesia mengharapkan pertumbuhan 4,5-5,2 persen di Q1