POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Gedung Putih bertemu dengan CEO perusahaan teknologi besar untuk membahas keamanan perangkat lunak

Gedung Putih akan bertemu dengan para eksekutif dari perusahaan teknologi terkemuka, termasuk Google milik Alphabet, Apple Inc dan Amazon.com Inc, pada hari Kamis untuk membahas keamanan perangkat lunak setelah Amerika Serikat mengalami beberapa serangan dunia maya besar tahun lalu.

Pada bulan Desember, Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Jake Sullivan mengirim surat kepada CEO teknologi setelah menemukan kerentanan dalam perangkat lunak sumber terbuka yang disebut Log4j yang digunakan organisasi di seluruh dunia untuk mencatat data dalam aplikasi mereka.

Dalam surat itu, Sullivan mencatat bahwa perangkat lunak open source seperti itu banyak digunakan dan dipelihara oleh para sukarelawan dan merupakan “masalah keamanan nasional yang utama.”

Gedung Putih mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pertemuan Kamis, yang akan diselenggarakan oleh Deputi Penasihat Keamanan Nasional untuk Internet dan Teknologi Berkembang, Anne Neuberger, akan membahas kekhawatiran tentang keamanan perangkat lunak sumber terbuka dan bagaimana hal itu dapat ditingkatkan.

Perusahaan teknologi besar lainnya yang menghadiri pertemuan tersebut termasuk IBM, Microsoft Corp, Meta Platforms Inc, yang memiliki Facebook, dan Oracle Corp. Instansi pemerintah, termasuk Departemen Keamanan Dalam Negeri, Departemen Pertahanan dan Departemen Perdagangan, juga akan hadir.

Keamanan siber telah menjadi prioritas utama bagi pemerintahan Biden setelah beberapa serangan siber besar tahun lalu, yang mengekspos ribuan catatan yang dipegang oleh perusahaan dan lembaga pemerintah kepada peretas.

Salah satu peretasan, yang menurut pemerintah AS kemungkinan diatur oleh Rusia, diretas ke dalam perangkat lunak yang dibuat oleh SolarWinds dan memberi peretas akses ke ribuan perusahaan dan kantor pemerintah yang menggunakan produknya. Peretas memperoleh akses ke email di Departemen Keuangan AS, Departemen Kehakiman dan Perdagangan, dan lembaga lainnya.

READ  UT Dallas meluncurkan bootcamp karir teknologi

Meningkatnya frekuensi dan dampak serangan tersebut mendorong pemerintah untuk mengeluarkan perintah eksekutif tahun lalu yang menciptakan Standar Perangkat Lunak dan Dewan Peninjau baru untuk lembaga pemerintah.

Jadilah pintar dengan uang Anda. Dapatkan wawasan investasi terbaru yang dikirimkan langsung ke kotak masuk Anda tiga kali seminggu, dengan buletin Globe Investor. Daftar hari ini.