POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Forum Keamanan Dialog Shangri-La Dibatalkan Karena COVID-19 – Asia Tenggara

Kyodo News

Singapura ●
Jumat, 21 Mei 2021

2021-05-21
09:06

ffa704fd128055b15b389c314611afe3
2
Asia Tenggara
Shangri-La-Dialogue, security, Singapura, Jepang, Yoshihide-Suga
Gratis

Penyelenggara forum mengumumkan pada hari Kamis bahwa forum keamanan utama yang dijadwalkan akan diadakan bulan depan di Singapura telah dibatalkan karena pandemi virus corona.

Perdana Menteri Yoshihide Suga diharapkan untuk berpartisipasi dalam pertemuan 4-5 Juni, yang dikenal sebagai Dialog Shangri-La, yang setiap tahun disponsori oleh Institut Riset Inggris, Institut Internasional untuk Kajian Strategis. Itu akan menjadi kehadiran pertama seorang pemimpin Jepang dalam tujuh tahun.

Forum tersebut diharapkan menjadi kesempatan bagi Suga untuk mempromosikan kebebasan dan keterbukaan di Samudera Hindia dan Pasifik, sebuah visi yang diupayakan oleh Jepang dan Amerika Serikat seiring dengan peningkatan penegasan maritim China di kawasan tersebut.

“Sayangnya, situasi global COVID-19 telah memburuk baru-baru ini, sebagian karena munculnya jenis baru COVID menular,” kata Institut Internasional untuk Studi Strategis dalam sebuah pernyataan.

“Di Singapura, telah terjadi peningkatan masalah dalam negeri, dan pengenalan pembatasan baru, dan kemungkinan peningkatan pengetatan tidak bisa dikesampingkan, yang semuanya menciptakan ketidakpastian,” katanya. “Berbagai faktor yang digabungkan ini berarti bahwa mengadakan Dialog Shangri-La secara langsung tahun ini menjadi tidak bisa dijalankan.”

Konferensi yang diadakan di Singapura sejak 2002 itu juga dibatalkan tahun lalu setelah pandemi memaksa banyak negara untuk membatasi perjalanan dan menutup perbatasan mereka.

Acara tersebut menyediakan platform bagi para menteri dan pejabat militer senior di lebih dari 40 negara, termasuk Amerika Serikat dan China, untuk membahas tantangan keamanan utama di kawasan.

Terakhir kali seorang perdana menteri Jepang menghadiri acara tersebut adalah pada tahun 2014 ketika Shinzo Abe, pendahulu Suga, menjabat.

READ  Berita data dan penyimpanan dari seluruh Asia Tenggara