POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Forum internasional tahunan kedua untuk mempromosikan diplomasi dan kerja sama lintas batas

Forum internasional tahunan kedua untuk mempromosikan diplomasi dan kerja sama lintas batas

JAKARTA (ANTARA) – Konferensi internasional terkemuka di Asia Tengah, Astana International Forum (AIF), yang dijadwalkan pada 13-14 Juni 2024 di Astana, akan memperkuat diplomasi dan kerja sama lintas batas.

Berdasarkan siaran pers yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri Republik Kazakhstan tanggal 12 Februari 2024, acara tahun ini akan memberikan peluang penting bagi komunitas internasional untuk bersatu dalam menghadapi tantangan yang semakin besar terhadap keamanan, stabilitas, dan kemakmuran global. . .

AIF 2024 akan mempertemukan para pemimpin pemerintah dan dunia usaha dari seluruh dunia untuk bertukar pandangan mengenai isu-isu paling mendesak saat ini dan mengidentifikasi cara-cara kerja sama baru.

Program Forum sekali lagi akan dibagi menjadi empat pilar: Kebijakan Luar Negeri dan Keamanan Internasional, Pembangunan dan Keberlanjutan Internasional, Energi dan Perubahan Iklim, serta Ekonomi dan Keuangan.

Pilar-pilar ini akan menjadi tema utama selama dua hari sesi panel interaktif, diskusi ketua, dan peluang jaringan yang disesuaikan, dengan tujuan akhir untuk mencapai hasil yang dapat ditindaklanjuti untuk merevitalisasi multilateralisme dan peluang baru untuk kemitraan bilateral.

“Di era yang ditandai dengan polarisasi dan fragmentasi, gejolak ekonomi dan geopolitik yang sedang berlangsung mengancam melemahkan prinsip-prinsip dasar kerja sama dan saling menghormati,” kata Presiden Republik Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev saat peluncuran Forum AIF ke-2.

Dia menambahkan: “Saya sangat bangga bahwa Kazakhstan, melalui Forum Internasional Astana, membantu melindungi dan memperkuat tatanan internasional pada saat kritis ini.”

Mengusung tema “Memberdayakan Masyarakat, Persatuan Bangsa-Bangsa: Membangun Dunia yang Lebih Baik Bersama,” IFF 2024 siap untuk menyegarkan kembali komunitas global, memberikan perspektif baru dan solusi kolaboratif terhadap beberapa tantangan paling kritis yang dihadapi umat manusia saat ini.

READ  China mengatakan telah menandatangani perjanjian keamanan dengan Kepulauan Solomon

“Kazakhstan telah lama menjadi jembatan penting antara Timur dan Barat. Titik strategis di dunia ini – secara geografis, budaya dan politik – menempatkan kita untuk memimpin diskusi kritis dan mendorong percakapan yang bermakna di antara para pembuat kebijakan, pemimpin bisnis, dan intelektual publik terkemuka di dunia,” kata presiden.

AIF 2024 merupakan tonggak penting bagi Kazakhstan di panggung dunia, karena negara tersebut akan menjadi ketua beberapa organisasi internasional terkemuka pada tahun ini.

Organisasi internasional tersebut antara lain Organisasi Kerjasama Shanghai, Konferensi Tindakan Membangun Kepercayaan dan Interaksi di Asia, Organisasi Negara-negara Turki, Organisasi Islam untuk Ketahanan Pangan, dan Dana Internasional untuk Menyelamatkan Laut Aral.

Berita terkait: Visi Kazakhstan untuk masa depan yang berkelanjutan

Wartawan: Katriana
Editor: Yoni Arisande Sinaga
Hak Cipta © Antara 2024