POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Forbes India – Startup Teknologi dan Keuangan: Keinginan untuk Mendukung Perusahaan Membangun Teknologi Masa Depan: Vish Rajaram dan Arjun Rao dari Speciale Invest


(Dari kiri) Vishesh Rajaram dan Arjun Rao

Beberapa perusahaan modal ventura (VC) secara sadar mendanai startup yang menangani masalah perubahan iklim, dan menciptakan solusi untuk dunia yang bersih dan berkelanjutan. Baca tentang itu di sini.

KelimaIshesh Rajaram dan Arjun Rao memulai Investasi Khusus pada tahun 2017, membawa modal ventura, teknologi, dan keahlian startup gratis mereka untuk mendukung wirausahawan yang mencoba memecahkan masalah teknik yang menantang, “membangun teknologi masa depan”, di luar India.

Di awal karirnya, Rajaram mengunjungi Israel, dan teknologi yang dia lihat keluar dari negara itu membuat kesan yang mendalam padanya. “Lebih khusus lagi, saya terus berpikir mengapa orang-orang di India tidak dapat membangun beberapa teknologi ini,” katanya.

Mitra biasanya berinvestasi dalam tahap pra dan tahap awal dalam sains mendalam dan teknologi perusahaan, dan menawarkan cek mulai dari $100.000 hingga $1 juta. Dengan setiap investasi baru, mereka mempelajari sesuatu yang membantu mereka memasuki sektor baru sains dan teknik. Mereka telah beralih dari satu investasi di perusahaan sepeda listrik menjadi perusahaan pesawat listrik, menjadi pembuat satelit dan roket, menjadi air yang terbarukan, dan mungkin, segera, sebuah perusahaan rintisan teknologi hidrogen.

Speciale mengumpulkan dana pertamanya pada tahun 2018 dan berinvestasi di 18 perusahaan startup terkemuka. Pada bulan April, para mitra mengumumkan penutupan dana kedua perusahaan sebesar Rs 286 crore ($ 38 juta). Mereka mengumumkan penutupan pertama tahun lalu, dan pada bulan Maret, Speciale memiliki sekitar 25 investasi.

Dari perspektif perubahan iklim, Speciale telah melakukan investasi di perusahaan yang akan memiliki dampak langsung — seperti Uravu Labs, Ultraviolette, dan Perusahaan ePlane — dan beberapa dampak tidak langsung seperti GalaxEye, yang sedang membangun modul kamera yang lebih baik untuk pencitraan satelit.

READ  Bill Roth kembali sebagai pengisi suara panggung untuk Virginia Tech Football

Ke depan, Rajaram dan Rao berharap untuk melipatgandakan upaya mereka, seperti yang mereka katakan dalam bahasa startup, pada campuran rekayasa perangkat lunak dan perangkat keras, dan dukungan untuk wirausahawan luar biasa, dengan fokus pada pra-pendirian dan permulaan.


Klik di sini untuk melihat liputan komprehensif Forbes India tentang situasi Covid-19 dan dampaknya terhadap kehidupan, bisnis, dan ekonomi

Periksa diskon langganan akhir musim dengan langganan pro Moneycontrol benar-benar gratis. Gunakan kode EOSO2021. Klik disini untuk detail.

(Cerita ini muncul di Forbes India edisi 03 Juni 2022. Untuk mengunjungi arsip kami, klik di sini.)