POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

FM China mengadakan pembicaraan dengan mitranya dari Prancis

Penasihat Negara dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi pada hari Jumat bertemu dengan Menteri Luar Negeri Prancis Catherine Colonna di sela-sela pertemuan para menteri luar negeri G20 di Bali, Indonesia, dengan kedua pihak berjanji untuk meningkatkan hubungan bilateral dan memperdalam hubungan China-Uni Eropa. kerja sama.

Wang mencatat bahwa di bawah bimbingan strategis kedua kepala negara, hubungan Tiongkok-Prancis telah mempertahankan momentum pembangunan yang stabil, yang tidak hanya membawa manfaat lebih besar bagi kedua bangsa, tetapi juga membawa stabilitas di dunia yang bergejolak.

Tiongkok menghargai rasa saling percaya dan persahabatan antara kedua negara, katanya, seraya menambahkan bahwa Tiongkok sangat menghargai dan secara tegas mendukung kepatuhan Prancis terhadap otonomi strategis, dan bersedia memperkuat kerja sama strategis dengan Prancis, memperdalam kerja sama pragmatis, dan mempromosikan kemitraan strategis komprehensif kedua negara. negara untuk mencapai tingkat yang baru.

Sementara itu, Colonna mencatat bahwa Prancis dan China mempertahankan kontak erat dan kerja sama yang baik dalam berbagai masalah bilateral dan multilateral.

Dia mencatat bahwa pihak Prancis juga menghargai persahabatan bilateral dan berkomitmen untuk terus memperkuat kemitraan strategis komprehensif bilateral.

Memperhatikan bahwa Prancis akan terus menjunjung tinggi tradisi otonomi strategis, Colonna mengatakan Prancis sangat percaya dalam menegakkan Piagam PBB dan menghormati prinsip kedaulatan, menghargai peran penting China dalam menjaga stabilitas global, dan percaya bahwa memperkuat koordinasi strategis antara Prancis dan China sangat penting untuk mencapai tantangan yang dihadapi global saat ini.

Kedua belah pihak sepakat untuk meningkatkan pertukaran orang-ke-orang dan memperkuat kerja sama dalam mengatasi perubahan iklim dan melindungi keanekaragaman hayati.

Kedua belah pihak juga bertukar pandangan tentang hubungan China-Uni Eropa. Menteri luar negeri China mengatakan bahwa sebagai dua kekuatan besar dengan pengaruh global, China dan Eropa harus mematuhi dorongan utama kerjasama win-win dan dorongan dasar kemitraan strategis komprehensif mereka.

READ  Memulihkan lahan terdegradasi di Kenya melalui teknik dan metode yang dipimpin masyarakat, meningkatkan produksi ternak – ceritanya

Wang mengatakan China menghargai dan mengharapkan pihak Prancis untuk terus memainkan peran konstruktif dalam hubungan China-Uni Eropa.

Colonna mengatakan pihak Prancis selalu mendukung kemajuan hubungan Eropa-China dan menganjurkan akumulasi konsensus melalui dialog.

Pihak Prancis akan terus mengejar masa depan, berpegang pada rasionalitas, menjaga keterbukaan, dan memperdalam kerja sama antara Eropa dan China di berbagai bidang, tambahnya.

Kedua belah pihak juga bertukar pandangan tentang isu-isu internasional dan regional yang menjadi perhatian bersama, seperti Ukraina dan Semenanjung Korea.