POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Flashback: Satu Dekade Teknologi Kamera iPhone

Apple iPhone memiliki reputasi memiliki kamera yang hebat. Di sebagian besar sejarah mereka, mereka telah berada di sana dengan yang terbaik, sebenarnya. Ini dimulai dengan iPhone 4 pada tahun 2010 (kamera pada 3G dan 3GS tampak seperti renungan). Kami sudah membahas ini dalam kilas balik, jadi kami tidak akan kembali sejauh itu hari ini. Sebagai gantinya, kita akan melihat 10 generasi terakhir iPhone mulai tahun 2012 dengan iPhone 5.

Jika Anda menelusuri grafik di bawah ini, Anda akan melihat bahwa tidak banyak kemajuan dalam tingkat akurasi. IPhone 4 memiliki kamera 5MP, dan bidikan 4MP hingga 8MP, yang bertahan sedikit dan sejak itu menjadi 12MP. Ini termasuk kamera telefoto dan ultrawide, yang mulai muncul kemudian. Saat ini, bahkan kamera depan adalah 12MP.

Tentu saja, ada desas-desus bahwa ini adalah tahun Apple akhirnya akan merangkul sensor resolusi tinggi yang telah mengambil sebagian besar kamera Android — 48MP untuk model Pro, diduga, sementara ponsel vanilla kemungkinan akan tetap menggunakan 12MP lagi. Seri 14 juga dapat membawa fokus otomatis untuk kamera selfie (semua kamera depan pada iPhone sejauh ini memiliki fokus tetap).



Spesifikasi kamera iPhone 12 Pro

iPhone Plus atau Pro biasanya mendapatkan perangkat keras kamera terbaik (terutama Pro Max)

Kembali ke resolusi sejenak, chipset Apple A-series cukup kuat, tetapi belum ada iPhone yang menawarkan resolusi video 8K. Ini adalah batasan pada sensor, 12 megapiksel hampir tidak cukup untuk itu.

Adapun pembagian antara model dasar dan model Plus/Pro, itu langsung disebutkan. Seri iPhone 6 adalah generasi pertama yang dibagi menjadi model Vanilla dan Plus dan Plus memiliki Optical Image Stabilization (OIS), sedangkan vanilla tidak. Ini juga berlaku untuk generasi 6s/6s Plus.

READ  Kepemimpinan pasar saham Big Tech mengancam kenaikan harga

Fitur-fitur ini membutuhkan waktu satu atau dua tahun setelah diperkenalkan untuk mencapai telepon dasar. IPhone 7 adalah ponsel pertama dengan OIS, misalnya. Pada tahun 2020, Apple memperkenalkan stabilisasi sensor shift, yang eksklusif untuk iPhone 12 Pro Max. Teknologi ini kemudian diadopsi di semua model iPhone 13. Perhatikan bahwa pro memiliki sensor yang lebih besar dan aperture yang lebih cerah.

Dengan mengingat hal itu, tidak mengherankan bahwa sensor 48MP yang dikabarkan eksklusif untuk duo Pro. Sebenarnya, ini adalah norma bagi Apple. Model vanilla tidak pernah menawarkan kamera telefoto dan itu mungkin tidak akan berubah tahun ini juga.