POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Federasi Rugbi Prancis menskors Jaminet setelah melontarkan pernyataan rasis dalam video yang menjadi viral

Federasi Rugbi Prancis menskors Jaminet setelah melontarkan pernyataan rasis dalam video yang menjadi viral

PARIS (AP) — Pemain rugbi Prancis Melvin Jaminet diskors dari tim rugbi nasional pada Minggu setelah muncul video yang menunjukkan pemain tersebut melontarkan pernyataan rasis. Jaminet kemudian meminta maaf.

di dalam penyataan Dalam pernyataan yang dipublikasikan di situsnya, Federasi Rugbi Prancis mengutuk komentar tersebut, menggambarkannya sebagai “tidak dapat diterima dan bertentangan dengan nilai-nilai fundamental olahraga kita.”

Surat kabar Prancis mengatakan bahwa Jimenet “akan segera meninggalkan stadion, dan akan meninggalkan tim Prancis yang berkumpul di Argentina.”

Dalam video tersebut, yang menjadi viral pada hari Minggu setelah anggota parlemen Prancis Sebastien Delugeux membagikannya di media sosial, Jaminet terdengar berkata: “Orang Arab pertama yang saya temui di jalan, saya akan menanduknya.”

Federasi juga menambahkan bahwa mereka sedang melakukan penyelidikan internal “untuk menjelaskan sifat serius dari pernyataan ini dan mengambil tindakan yang tepat.”

“Tidak ada tempat bagi perilaku diskriminatif dalam bentuk apa pun di rugby Prancis,” tambah pernyataan itu.

Postingan tersebut tidak lagi terlihat di situs media sosial Jimenette. Namun, pemain berusia 25 tahun itu mengeluarkan permintaan maaf tak lama setelah skorsingnya diumumkan.

Dia menulis di akun Instagram-nya: “Saya memahami bahwa ini telah menyakiti dan menyinggung banyak orang, dan saya ingin memperjelas bahwa pernyataan ini tidak mencerminkan nilai-nilai saya atau nilai-nilai rasisme tim rugby Prancis bentuknya tidak dapat diterima dan bertentangan dengan semua yang saya yakini.”

Pemain pengganti Jaminet mengonversi tendangan penalti jarak jauh pada hari Sabtu dalam pertandingan pertama melawan tuan rumah Argentina, yang dimenangkan Prancis 28-13.

Jaminet telah berpartisipasi dalam 20 pertandingan bersama tim nasional Prancis, dan bermain untuk Toulon di Prancis selatan.

READ  Ketika Donald Trump mengajukan pertanyaan aneh tentang Khabib Nurmagomedov setelah orang Dagestan itu pensiun

Dia juga menerbitkan klubnya penyataan Toulon FC mengumumkan bahwa mereka sedang melakukan penyelidikan atas pernyataan pemain tersebut, tetapi tidak mengomentari kemungkinan skorsing pemain tersebut.

Prancis mengirimkan 42 pemain ke Argentina, termasuk 22 pemain baru. Prancis akan memainkan pertandingan uji coba kedua di Velez pada hari Sabtu.

___

AP Rugbi: https://apnews.com/hub/rugby