POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

FBI menuduh eksekutif teknologi California berbohong tentang ‘proyek sekarat’ untuk mendapatkan $100 juta

FBI menuduh eksekutif teknologi California berbohong tentang ‘proyek sekarat’ untuk mendapatkan $100 juta

File: Stadion Bitwise South, di Fresno, California, ditutup secara permanen untuk mantan karyawan perusahaan. Bitwise menyatakan kebangkrutan pada bulan Juni.

henry a. Barrios/The Washington Post melalui Getty Images

Pejabat federal minggu ini menuduh para pemimpin perusahaan teknologi yang berbasis di Fresno menipu investor hingga puluhan juta dolar untuk menopang perusahaan mereka yang sedang kesulitan.

Kantor Kejaksaan Amerika Serikat untuk Distrik Timur California mengajukan tuntutan pidana pada hari Rabu terhadap Irma Olguin Jr. dan Jake Sobral, salah satu pendiri perusahaan teknologi Bitwise. Pengaduan tersebut disertai dengan pernyataan tertulis dari Agen FBI Chet Johnston yang merinci temuan penyelidikan bersama yang dilakukan FBI dan Tim Investigasi Kriminal IRS. Dalam wawancara, Olguin dan Soberal mengaku memalsukan catatan keuangan dan menyesatkan investor, dengan mengatakan mereka “mengaku melakukan kesalahan besar,” tulis Johnston.

Kantor Kejaksaan AS membebaskan A jumpa pers atas tuduhan konspirasi melakukan penipuan kawat, pada hari Kamis. Berita ini muncul hampir enam bulan setelah Bitwise bangkrut secara tiba-tiba, yang menyebabkan 900 karyawannya kehilangan pekerjaan dan perusahaan tersebut menyatakan kebangkrutan.

Kedua mantan eksekutif tersebut, yang dipecat oleh dewan Bitwise pada awal Juni, mengaku tidak bersalah di pengadilan Fresno pada hari Kamis, menurut The Guardian. fresno b. Jika terbukti bersalah, Olguin dan Soberal masing-masing menghadapi hukuman 20 tahun penjara dan denda $250.000.

iklan

Artikel berlanjut di bawah iklan ini

Olguin dan Soberal mendirikan Bitwise bersama-sama pada tahun 2013, dan perusahaan tersebut akhirnya menangani tiga lini bisnis: pelatihan tenaga kerja, konsultasi perangkat lunak, dan manajemen real estat. Menurut pernyataan tertulis Johnston, Olguin dan Sobral mengumpulkan $20 juta untuk perusahaan dari investor pada Desember 2019, dan $48 juta pada Desember 2021. dan $38 juta selama putaran investasi pada tahun 2022. Menurut pengaduan tersebut, sebagian besar uang tersebut digunakan untuk membayar utang sebelumnya, memenuhi gaji — termasuk gaji masing-masing $600,000 untuk Olguin dan Soberal — dan perlengkapan ruang kantor. Bitwise menyatakan bangkrut pada Juni 2023.

“Para terdakwa bisa saja memilih untuk mengakui kegagalan model bisnis Bitwise,” tulis Jaksa AS Philip Talbert dalam siaran pers hari Kamis. “Sebaliknya, mereka menggunakan kebohongan demi kebohongan untuk secara curang menyedot lebih dari $100 juta ke perusahaan yang sedang sekarat.”

Pernyataan tertulis Johnston mengutip wawancara dengan mantan karyawan yang tidak disebutkan namanya – beberapa di antaranya diduga dipromosikan ke posisi bergaji tinggi dengan sedikit pengalaman kualifikasi – dan menuduh bahwa eksekutif perusahaan menggunakan laporan bank palsu dan berbohong tentang pendapatan untuk menipu investor.

Pada titik tertentu, menurut pernyataan tertulis, Olguin dan Sobral mengirimi investor laporan bank yang “diubah” yang menunjukkan akun Bitwise pada tanggal 31 Maret 2022, dengan uang tunai lebih dari $20 juta. First Republic Bank memberikan pernyataan sebenarnya kepada pemerintah, yang menunjukkan bahwa perusahaan tersebut hanya memiliki $325.000, kata pernyataan tertulis tersebut. Olguin dan Sobral menjelaskan bahwa mereka melakukan penyesuaian karena mereka yakin…tidak ada yang akan berinvestasi di Seri B-2 jika orang mengetahui keadaan sebenarnya perusahaan tersebut, menurut pernyataan tertulis.

iklan

Artikel berlanjut di bawah iklan ini

Pengacara mantan eksekutif tersebut tidak segera menanggapi permintaan komentar SFGATE. Lebah Fresno juga tersebut Di pengadilan pada hari Kamis, seorang pengacara mengajukan gugatan perdata kepada Olguin atas nama mantan karyawan Bitwise dan berkata: “Anda telah dilayani.”

Pernahkah Anda mendengar sesuatu yang terjadi di sebuah perusahaan teknologi di California? Hubungi reporter teknologi Stephen Council dengan aman di [email protected] atau di Signal di 628-204-5452.

READ  Wawasan tentang Aktivitas Teknis Vmware, 2023: Digital