POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Evaluasi aliran nikel di Indonesia

Evaluasi aliran nikel di Indonesia

Penulis: Fares Abdel Rahman, Universitas New York

Dana Moneter Internasional Evaluasi Juni 2023 Kebijakan larangan ekspor Indonesia menghidupkan kembali perdebatan mengenai kebijakan industri di Indonesia. Para pendukung kebijakan ini menekankan dampak signifikan terhadap pendapatan ekspor dan nilai tambah, sementara para kritikus mengidentifikasi kerugian finansial dan distorsi pasar yang diakibatkan oleh kebijakan ini. Evaluasi yang lebih cermat menunjukkan manfaat dari kedua perspektif tersebut.

Eksperimen Indonesia dalam kebijakan industri dimulai dengan Undang-undang Pertambangan tahun 2009 yang ditandatangani oleh mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, yang Biaya pengobatan lokal Semua komoditas mineral diekstraksi di dalam negeri. Namun kebijakan ini baru diterapkan pada tahun 2014 untuk nikel dan bauksit di tengah meluasnya penolakan dari sektor pertambangan. Indonesia telah menemukan kesuksesannya di bidang nikel.

Sebelum larangan ekspor bijih nikel pada tahun 2014, Indonesia sebagian besar mengekspor bijih nikel mentah yang diolah ringan menjadi nikel matte. Ekspor negara yang terkait dengan nikel hanya berjumlah US$6 miliar pada tahun 2013. Pada tahun 2022, jumlah ini meningkat hampir mencapai 30 miliar dolar ASdidorong oleh ekspor produk dengan nilai tambah lebih tinggi seperti baja tahan karat dan bahan baterai.

Faktor terpenting dalam keberhasilan ini tampaknya adalah eksploitasi “kekuatan pasar” Indonesia dalam produksi nikel melalui larangan ekspor. Perusahaan-perusahaan Tiongkok yang memainkan peran besar dalam produksi akhir berbasis nikel tidak punya pilihan selain memperluas operasi mereka di Indonesia Akses aman Karena sumber daya nikelnya melimpah.

Pesatnya pertumbuhan sektor nikel telah difasilitasi oleh pembiayaan lunak di bawah Inisiatif Satu Sabuk Satu Jalan (Belt and Road Initiative). Bank-bank milik negara Tiongkok Pembiayaan konstruksi Pembangkit listrik tenaga batubara dan infrastruktur dasar, yang merupakan komponen penting kawasan industri yang telah mendorong skala ekonomi dan aglomerasi.

READ  Inggris dan Indonesia memacu upaya global untuk meningkatkan perdagangan berkelanjutan dan melindungi hutan - Opini

Meskipun peningkatan pendapatan ekspor terlihat jelas, namun sejauh mana pendapatan tersebut dipertahankan dan dibagi secara adil di dalam negeri masih belum jelas. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh sifat sektor nikel yang padat modal, tingginya porsi ekuitas asing, dan terbatasnya konektivitas sektor ini dengan bagian perekonomian lain di luar sektor primer.

Pertumbuhan PDB mungkin tidak langsung diterjemahkan ke dalam GNP karena pendapatan ekspor yang diterima investor asing mungkin akan dipulangkan sepenuhnya ke luar Indonesia. Namun, strategi pengembangan industri akhir memberikan kontribusi signifikan terhadap transformasi struktural.

Produk manufaktur berbahan dasar nikel kini dianggap… Komoditas ekspor terbesar ketiga Di belakang batu bara dan minyak sawit. Dampaknya terhadap pembangunan perekonomian daerah juga signifikan karena kawasan industri terkonsentrasi di wilayah timur Indonesia, yang umumnya tidak memiliki sektor manufaktur formal yang signifikan.

Evaluasi yang seimbang memerlukan pertimbangan antara manfaat dan biayanya. Teori dasar perdagangan menyarankan larangan ekspor Anda akan mengalami depresi Harga domestik dibandingkan dengan harga global, menghasilkan pemenang dan pecundang dalam perekonomian. Sektor pertambangan nikel menanggung beban terbesar dari dukungan manufaktur, yang mungkin mempengaruhi insentif untuk mengeksplorasi cadangan baru.

Biaya finansial dari penghapusan keringanan pajak dan royalti juga mungkin besar. Biaya lingkungan dan sosial yang terkait dengan pengolahan nikel juga harus diperhitungkan. Peleburan nikel cenderung intensif emisi karena a – Ketergantungan pada pembangkit listrik tenaga batu bara. Ekspansi industri juga dikaitkan dengan penggundulan hutan dan polusi air.

Dalam hal dampak sosial, pelanggaran terhadap hak-hak pekerja telah terdokumentasi dengan jelas. Pembangunan kawasan industri juga dikaitkan dengan perpindahan komunitas lokal yang secara tradisional bergantung pada pertanian dan perikanan.

READ  Petani Indonesia berjuang untuk tanah mereka dalam ledakan tambang nikel Energy News, ET EnergyWorld

Meskipun Indonesia sedang mempertimbangkan untuk memperluas kebijakan ini pada komoditas lain, penting untuk dicatat bahwa keberhasilan ekspor berbasis nikel sebagian besar bergantung pada konteksnya dan apakah hasil serupa dapat diharapkan secara realistis untuk komoditas lain. Hal ini menegaskan perlunya mengubah strategi pengembangan industri manufaktur selain larangan ekspor dan tarif bea cukai.

Meskipun pemanfaatan kekuatan pasar melalui pembatasan ekspor telah menarik investasi, terdapat risiko yang melekat pada strategi ini karena dampaknya terhadap harga dan pasokan global. Hal ini kemungkinan akan merangsang terciptanya alternatif dan memicu tindakan balasan perdagangan dari negara lain.

Indonesia memerlukan kebijakan yang lebih baik untuk mengakomodasi eksternalitas sosial dan lingkungan yang terkait dengan pengolahan nikel. Penerapan peraturan ketenagakerjaan dan lingkungan yang lebih baik akan menjadi kuncinya. Indonesia juga dapat mengambil inspirasi dari aspek-aspek tertentu dari undang-undang penurunan inflasi Amerika.

Meskipun pajak Pigovi tetap menjadi cara terbaik untuk menginternalisasikan eksternalitas, menghubungkan insentif fiskal dengan tujuan sosial dan lingkungan yang lebih luas – seperti mengurangi intensitas karbon dan menciptakan lapangan kerja yang baik bagi kelas menengah – dapat menjadi cara lain untuk mencapai tujuan serupa.

Dan juga sebagai sumber daya alam Keuntungannya semakin berkurang Karena sektor ini berada pada tahap hilir, diperlukan pendekatan yang lebih holistik yang berfokus pada pertumbuhan ekosistem dengan memberikan masukan-masukan penting dari masyarakat. Mengembangkan sumber daya manusia dan mendukung penelitian dan pengembangan publik akan memperkuat dampak positif, serta mendukung pertumbuhan industri dan mendorong kesejahteraan yang inklusif dan bersama.

Yang terakhir, meningkatkan pangsa nilai tambah yang tersisa di Indonesia memerlukan pendalaman pasar keuangan dan menghilangkan hambatan terhadap investasi asing langsung. Hal ini akan merangsang reinvestasi pendapatan ekspor dalam negeri.

READ  Perdana Menteri Narendra Modi membahas kemitraan strategis dan ekonomi dengan Presiden Indonesia Joko Widodo

Ada alasan untuk bersikap optimis, dan dengan penerapan kebijakan berbasis bukti yang lebih baik, Indonesia dapat memperluas keberhasilan awal dan mencapai tujuan kebijakan industri pada akhirnya.

Faris Abdul Rahman adalah mahasiswa master di bidang ekonomi kuantitatif di Stern School of Business dan Graduate School of Arts and Sciences di New York University dan mantan analis riset di Australia-Indonesia Partnership for Economic Development.