POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ekspor makanan laut Jepang pada bulan Juli ke Tiongkok turun 23% karena uji radiasi

Ekspor makanan laut Jepang pada bulan Juli ke Tiongkok turun 23% karena uji radiasi

Nilai ekspor makanan laut Jepang ke Tiongkok turun 23,2% pada bulan Juli dibandingkan tahun sebelumnya menjadi 7,7 miliar yen ($52 juta), sebagian disebabkan oleh uji radiasi ekstensif yang dilakukan negara tetangga terhadap produk-produk tersebut, menurut data pemerintah pada hari Selasa.

Ekspor produk-produk ini, terutama kerang, mengalami penurunan untuk pertama kalinya sejak Januari 2021, karena Beijing memperketat inspeksi sebelum pelepasan air radioaktif yang telah diolah dari pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima yang lumpuh, menurut Kementerian Pertanian dan Kehutanan. Dan perikanan.

File foto yang diambil di Sarufutsu, Hokkaido, pada bulan Maret 2021 ini menunjukkan kerang dari Hokkaido. (kyodo)

Meskipun ada kekhawatiran dari negara-negara tetangga seperti Tiongkok, Jepang pada akhir Agustus tetap melanjutkan pengeringan air dari pembangkit listrik Fukushima Daiichi. Tiongkok kemudian menangguhkan impor semua produk makanan laut dari Jepang.

Larangan seperti itu kemungkinan akan menyebabkan penurunan lebih lanjut dalam ekspor makanan laut ke Tiongkok pada bulan Agustus, kata pejabat kementerian.

Tuna juga merupakan salah satu produk yang terkena dampak signifikan dari uji radiasi Tiongkok yang memperpanjang prosedur bea cukai.

Nilai total ekspor produk pertanian, kehutanan dan perikanan Jepang ke Tiongkok pada bulan Juli turun 20,8 persen menjadi 22,5 miliar yen, data menunjukkan.

Total ekspor produk-produk tersebut ke Hong Kong turun sebesar 2,9 persen, sedangkan ekspor produk makanan laut saja turun sebesar 11,0 persen.

Akibat dampak pengetatan inspeksi Tiongkok, nilai total ekspor pangan, pertanian, kehutanan, dan perikanan Jepang turun 0,03 persen menjadi 117,8 miliar yen, menandai penurunan pertama kalinya dalam enam bulan.

Penurunan ini kemungkinan besar akan mempengaruhi tujuan kementerian untuk meningkatkan ekspor tahunan menjadi 2 triliun yen pada tahun 2025.

READ  Presiden Jokowi mengumumkan rencana kemitraan pada KTT ASEAN-Jepang

Cakupan terkait:

Jepang memprotes larangan impor Tiongkok atas pelepasan air Fukushima di Organisasi Perdagangan Dunia

Jepang memberikan tambahan 20,7 miliar yen untuk sektor perikanan di tengah larangan impor dari Tiongkok

Para pemimpin bisnis Jepang mengunjungi Tiongkok pada bulan Januari