POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ekonomi kreatif di Indonesia menempati urutan ketiga dalam kontribusi PDB | Ilmuwan

Ekonomi kreatif Indonesia menempati peringkat ketiga dalam kontribusi PDB-nyamode Ini adalah sub-sektor ekonomi kreatif dengan kontribusi terbesar terhadap PDB masuk Indonesia. (Gambar: VNA)

Jakarta (VNA) – Indonesia Ekonomi kreatif
Industri ini menduduki peringkat ketiga di dunia untuk kontribusinya terhadap PDB nasional, seorang menteri Indonesia mengatakan dalam webinar untuk membayar setengah juta eksportir baru di Jakarta awal pekan ini.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Ono mengatakan, Amerika Serikat saat ini menempati urutan pertama dalam industri film Hollywood, disusul Republik Korea di industri K-pop.

Ia menginformasikan kepada menteri bahwa fashion selama ini tetap menjadi sub-sektor ekonomi kreatif dengan kontribusi tertinggi, 9 miliar USD, terhadap PDB Indonesia. Ia menambahkan, industri kerajinan menyumbang $ 4,9 miliar, dan industri kuliner menyumbang $ 1 miliar.

Ono mencatat, kontribusi industri memasak terhadap PDB relatif rendah. Ia mencatat, Indonesia memiliki ragam pangan nasional, termasuk sajian daging lezat asal Sumatera Barat yang dinobatkan sebagai penghargaan Pangan Terbaik Dunia ke-50 di CNN.

Dia menyerukan untuk meningkatkan ekspor produk kuliner, mengatakan bahwa mereka harus dinaikkan setidaknya lima kali untuk mengimbangi mode dan kerajinan yang berkembang.

Ia menambahkan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tengah menjalankan program pemberian insentif kepada pelaku ekonomi kreatif untuk membantu penetrasi pasar ekspor.

VNA

READ  Melihat lebih dekat: Indonesia, episentrum wabah virus corona COVID-19 di Asia, mempertimbangkan pelonggaran pembatasan