POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ekonomi Biru Dapat Membuka Jalan Indonesia Menuju Kemakmuran Berkelanjutan - Sabtu, 17 Juli 2021

Ekonomi Biru Dapat Membuka Jalan Indonesia Menuju Kemakmuran Berkelanjutan – Sabtu, 17 Juli 2021

Rokhmin Dauri (Jakarta Post)

luar biasa

Jakarta
Sabtu 17 Juli 2021

Meskipun perbaikan telah dilakukan di hampir semua aspek kehidupan manusia, Indonesia belum mencapai tujuan kemakmuran untuk semua, seperti yang dicita-citakan oleh para pendiri negara pada tahun 1945. Indonesia menempati peringkat negara-negara berpenghasilan menengah tertinggi di dunia pada tahun 2019, dengan pendapatan nasional bruto ( GNI) dari GNI per kapita adalah $4,050 tetapi sekarang telah merosot ke klasifikasi pendapatan menengah ke bawah karena pandemi COVID-19, dengan GNI per kapita pada $3.870.

Negara ini juga menghadapi segudang masalah pembangunan, seperti kemiskinan yang tinggi, ketimpangan pendapatan, pengerdilan anak, dan pembangunan daerah yang tidak merata.

Untuk keluar dari jebakan pendapatan menengah untuk menjadi negara maju dan makmur dengan pendapatan per kapita lebih dari $12.695 pada tahun 2035 dan lebih dari $27.500 pada tahun 2045, Indonesia harus tumbuh lebih dari 7 persen per tahun (McKinsey Global Institute, 2020). Selain itu, pertumbuhan ekonomi…

Untuk membaca cerita selengkapnya

berlangganan sekarang

Mulai dari Rp 55.000/bulan

  • Akses tak terbatas ke konten web dan aplikasi kami
  • Surat kabar digital harian untuk email
  • Tidak ada iklan, tidak ada interupsi
  • akses istimewa ke acara dan program kami
  • Berlangganan buletin kami

READ  Dewan Ekonomi dan Sosial harus memainkan peran penting dalam memandu respons global terhadap pandemi, kata presiden yang akan datang, sesi pembukaan 2022 - dunia