POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Direksi MCC Menyetujui Hibah Pembangunan Mega untuk Indonesia

Direksi MCC Menyetujui Hibah Pembangunan Mega untuk Indonesia

Washington – Dewan Direksi MCC dengan suara bulat menyetujui usulan perjanjian Indonesia senilai $698 juta hari ini, yang mencakup $649 juta dari Amerika Serikat dan kontribusi sebesar $49 juta dari Pemerintah Indonesia.

Compact Indonesia yang diusulkan dirancang untuk meningkatkan infrastruktur transportasi dan logistik negara, mengembangkan infrastruktur transportasi cerdas iklim berkualitas tinggi di lima provinsi sambil meningkatkan akses keuangan bagi pengusaha kecil, menengah dan mikro.

“Perjanjian ini akan memperkuat sumber daya Indonesia sendiri dan fokus pada keberlanjutan dan skalabilitas, meningkatkan ketahanan negara terhadap perubahan iklim dan guncangan eksternal lainnya sambil menciptakan lebih banyak peluang bagi perusahaan untuk mengakses modal pasar,” kata Alice Albright, CEO MCC. “Ini akan sangat berdampak bagi usaha mikro, kecil, dan menengah Indonesia, yang menghasilkan hampir 60 persen dari PDB negara dan mempekerjakan hampir semua tenaga kerja sektor swasta negara.”

Perjanjian yang diusulkan, salah satu hibah bilateral terbesar dalam sejarah badan tersebut, diharapkan dapat memberikan manfaat di berbagai provinsi prioritas dengan populasi gabungan lebih dari 23 juta orang Indonesia, termasuk lebih dari 48.000 usaha mikro dan mikro.

“Meningkatkan akses pembiayaan untuk usaha mikro, kecil dan menengah, terutama yang dimiliki oleh perempuan, akan memungkinkan seluruh segmen populasi untuk memulai, membangun dan menumbuhkan generasi usaha baru, menarik lebih banyak investor swasta sekaligus menciptakan bisnis regional peluang.”

Selain melaksanakan reformasi politik dan kelembagaan, program hibah yang diusulkan akan mencakup tiga proyek terpisah – masing-masing menanggapi kendala ekonomi yang berbeda yang diidentifikasi melalui analisis bersama, dan diselaraskan dengan prioritas pembangunan Indonesia sendiri:

  • $350 juta Proyek Pengembangan Jasa Transportasi dan Logistik (Atlas), yang bertujuan untuk meningkatkan perencanaan dan persiapan transportasi di kabupaten sasaran melalui persiapan, penataan, pengadaan, dan dukungan kepada pemerintah daerah.
  • $95 juta Proyek Pengembangan Pasar Keuangan (FMDP), yang akan mengatasi akar penyebab pasar pembiayaan proyek dan pasar modal yang belum berkembang melalui pembangunan kapasitas dan mobilisasi keuangan hijau dan mekanisme keuangan campuran lainnya.
  • $136 juta Memperoleh pembiayaan untuk Proyek Pembiayaan Usaha Milik Perempuan/Mikro Kecil dan Menengah (W/UMKM), yang bertujuan untuk meningkatkan penyaluran kredit dari penyedia jasa keuangan formal kepada UMKM di kabupaten sasaran dengan mengumpulkan dan menganalisis data kinerja keuangan dan teknis UMKM serta memberikan bantuan teknis, pelatihan literasi digital dan keuangan, serta dukungan pengembangan bisnis khusus lainnya.
READ  Kevin Alloy, Co-founder Gojek, di Super Apps, Post-Pandemic Asia

Proyek pengembangan pasar keuangan akan difokuskan pada tingkat nasional sedangkan dua program lainnya akan dilaksanakan pada tingkat daerah di provinsi Sulawesi Utara, Riau, Kepulauan Riau, Bali dan Sumatera Selatan.

MCC sebelumnya bermitra dengan Pemerintah Indonesia untuk a ambang batas $55 jutayang memperkuat beberapa lembaga kunci antikorupsi dan target imunisasi anak-anak. Selain itu, pada tahun 2013 MCC berinvestasi pada a $474 juta Kesepakatannya adalah untuk memodernisasi prosedur pengadaan pemerintah, meningkatkan kesehatan dan gizi, memperluas energi berkelanjutan, dan meningkatkan pengelolaan sumber daya alam. Setelah perjanjian baru diimplementasikan, total investasi MCC di Indonesia akan menjadi sekitar $1,2 miliar.

Millennium Challenge Corporation adalah lembaga independen pemerintah AS yang bekerja untuk mengurangi kemiskinan global melalui pertumbuhan ekonomi. Didirikan pada tahun 2004, Millennium Challenge Corporation memberikan hibah dan bantuan jangka pendek kepada negara-negara yang memenuhi standar tata kelola yang baik, antikorupsi, dan penghormatan yang ketat terhadap hak-hak demokrasi.

Kontak media:
Tepuk tangan Mark Rockwell
Sekretaris Pers PKS
202-227-7034
Klik mcc.gov