POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Di mana penyelam gua Thailand hari ini? Modernisasi

Kapan 12 anggota tim sepak bola junior lokal Dia pergi menjelajahi Gua Tham Luang untuk bersenang-senang di sisinya Asisten pelatih mereka Pada 23 Juni 2018, mereka tidak pernah menyangka akan terjadi kekacauan. Lagi pula, seperti yang dieksplorasi dalam ‘Penyelamatan Gua Thailand’ Netflix, mereka hanya mencari petualangan pelacakan latihan tetapi segera menemukan diri mereka terjebak di dalam oleh hujan deras dan banjir yang cepat. Oleh karena itu, dibutuhkan waktu 18 hari dan tim ahli penyelam gua internasional untuk memungkinkan pemulihan yang aman – dan di antaranya adalah Dr. Craig Chall. Jadi mari kita pelajari lebih lanjut, ya?

Siapa Tantangan Craig?

Sebagai warga murni kota Perth yang indah di Australia, Craig sebenarnya bersekolah di Sekolah Menengah Atas Eastern Hills di Mount Helena sebelum melanjutkan studi lebih lanjut di wilayah regional juga. Dia kemudian lulus dari Universitas Murdoch dengan gelar BA dalam Ilmu Kedokteran Hewan Umum, Kedokteran dan Bedah (1983-1987), dan segera dengan bangga mendirikan rumah sakit hewan. Meskipun sebenarnya pada waktu yang sama (awal 90-an) ia mulai serius menjelajahi gua, baik itu di sekitar kampung halamannya, di seluruh Australia, atau di luar negeri.

Kredit Gambar: ABC Australia / YouTube

Oleh karena itu, pada akhir tahun 2000-an, Craig bukan hanya seorang dokter berpengalaman dalam pendiriannya, tetapi juga seorang penyelam teknis yang sangat populer serta seorang kafir di daerah kecil. Bahkan, ia dianugerahi Oztek Diver of the Year untuk hobinya yang berubah menjadi profesional lagi pada tahun 2009, hanya untuk menindaklanjuti dengan merekam rekor menyelam 194 meter di The Kiwi Nation pada tahun 2010. Gairah ahli bedah hewan kemudian berkembang. bahwa ia memutuskan untuk pensiun dini dengan menjual rumah sakitnya (Australian Animal Hospital) untuk selamanya pada tahun 2017.

READ  Iran, Venezuela dan Sudan kehilangan hak suara di PBB bersama dengan 5 lainnya

Fokus Craig dari titik ini hanyalah melakukan petualangan baru bersama teman/pasangan menyelam jangka panjangnya. Richard “Harry” Harristidak menyadari bahwa mereka akan berakhir di Thailand setahun kemudian. Duo ini secara khusus dipanggil untuk misi penyelamatan terakhir (benar-benar belum pernah terjadi sebelumnya) dengan latar belakang medis yang tepat dalam pikiran mereka, namun dia tidak kehilangan kesabaran setiap saat. Tanggung jawabnya adalah untuk memeriksa anak-anak kecil saat mereka keluar dari tambalan kering dan memberikan lebih banyak obat penenang jika diperlukan, yang sangat dia banggakan karena mereka berhasil 100%.

Di mana tantangan Craig sekarang?

Setelah setiap anggota tim sepak bola yang terkepung keluar dengan selamat dan dalam kesehatan yang baik, penyelam gua ahli yang bertanggung jawab melakukan operasi tersebut benar-benar mendapatkan banyak nama, ketenaran, dan rasa hormat di seluruh dunia. Craig, khususnya, dianugerahi Bintang Keberanian (SC) serta Orde Australia (OAM) oleh Gubernur Jenderal tanah airnya untuk perannya dalam waktu dua minggu – pada 24 Juli 2018. Dan seolah-olah itu bukan Tak cukup, pada tanggal 7 September 2018, Raja Thailand mengangkatnya secara resmi sebagai Knight Grand Cross (First Class) dari Ordo Direkgunabhorn yang paling dikagumi.

Craig bahkan membawa pulang penghargaan Australian of the Year 2019 bersama Dr Richard Harris, dan hanya beberapa bulan kemudian keduanya menerbitkan memoar bersama mereka tentang masalah yang menyakitkan, Against All Odds. Sejak itu, dari apa yang kami ketahui, pensiunan dokter di Perth, Australia Barat tidak hanya terus bekerja sebagai penjelajah gua, tetapi juga berkembang menjadi pembicara publik yang memotivasi.

Dr. Craig biasanya memadukan topik-topik seperti risiko, penghargaan, kepemimpinan, ketahanan, dan keberanian ke dalam pidato-pidato utamanya, memperjelas bahwa ia bertujuan untuk mendidik orang lain tentang pentingnya memanfaatkan peluang sebelum terlambat. Kami harus menyebutkan bahwa ia bahkan bangga menjadi duta besar untuk badan amal anak-anak nirlaba independen bernama The Smith Family – tujuan mereka adalah menciptakan peluang bagi anak-anak Australia yang kurang beruntung serta keluarga mereka untuk menjadi bagian dari masyarakat.

READ  Kleptokrasi Najib Razak dan Peradilan Terpercaya Malaysia - Senin, 29 Agustus 2022

Apalagi, pada tahun 2020, Craig membuat rekor lain saat melakukan re-entry dive di Selandia Baru dan menaikkan rekor kedalaman Australia menjadi 245 meter (804 kaki) bersama dengan Harry. Australia, Selandia Baru, Thailand, Malaysia, Indonesia, Laut Cina Selatan, Kepulauan Solomon, dan Vanuatu hanyalah beberapa wilayah yang telah saya jelajahi hingga tulisan ini dibuat.

Baca lebih banyak: Di mana John Volanthen sekarang?