POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

‘Deepfake’: Bahasa gaul untuk pencuri mendapat sentuhan digital

Ahli bahasa dan ahli bahasa Ben Zimmer menganalisis asal-usul kata-kata dalam berita. Baca kolom sebelumnya Sini.

di baru dokumenterBurung pelatukTentang kehidupan koki terkenal Anthony Bourdain, para pembuat film membuat pilihan yang kontroversial. Sutradara, Morgan Neville, menugaskan sebuah perusahaan perangkat lunak untuk membuat ulang suara Bourdain secara digital, dan mensintesis tiga baris sulih suara. Kalimat-kalimat itu adalah pernyataan yang ditulis Bourdain tetapi tidak diucapkan sebelum kematiannya pada tahun 2018.

Teknologi kecerdasan buatan yang digunakan untuk membuat suara palsu disebut “deepfakes”, dan telah memicu kontroversi online sejak penulis makanan Helen Rosner menerbitkan sebuah artikel di The New Yorker minggu lalu, “Etika Deepfake Suara Anthony BourdainWawancara dengan Tn. Neville tentang keputusan tersebut.

Sementara teknologi audio-visual yang memungkinkan jenis penipuan ini telah dikembangkan sejak lama, kata “deepfake” pertama kali muncul pada akhir 2017. Saat itulah seseorang di forum Reddit online mulai memposting video manipulasi populer. nama “deepfake”. Segera ada seluruh komunitas Reddit, r/deepfakes, yang didedikasikan untuk berbagi video palsu, yang sering kali terdiri dari selebritas yang bertukar wajah dalam klip porno.

Sejak itu, deepfake menjadi lebih kompleks, karena mudah untuk membuatnya tampak seolah-olah seseorang mengatakan atau melakukan apa yang diinginkan pembuatnya. Istilah “deepfake” adalah singkatan dari “pembelajaran mendalam,” teknik kecerdasan buatan yang melibatkan pelatihan jaringan saraf untuk membuat fabrikasi berdasarkan rekaman dan gambar seseorang yang ada.

READ  Cara menonton "Ayah" di Internet