POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

DBN mendorong UKM untuk memanfaatkan teknologi demi pertumbuhan

DBN mendorong UKM untuk memanfaatkan teknologi demi pertumbuhan

Bank Pembangunan Nigeria (DBN) telah menekankan perlunya Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk melakukan transformasi digital dengan mempertimbangkan perubahan lingkungan bisnis global dan kebutuhan industri untuk beradaptasi dengan mengadopsi teknologi digital baru.

Lembaga keuangan tersebut menyatakan bahwa meskipun ada tantangan transformasi digital, perusahaan yang menerapkan inovasi teknologi mencapai keuntungan signifikan dalam efisiensi operasional.

Menyikapi pentingnya teknologi, Ketua DBN, Shehu Yahaya, mengatakan bahwa DBN berkomitmen untuk secara efektif mendukung UMKM dalam mengadopsi teknologi digital melalui inisiatif pembiayaan dan program peningkatan kapasitas. Kami percaya bahwa dengan memanfaatkan teknologi, kita dapat mengeluarkan seluruh potensi semangat kewirausahaan Nigeria dan mendorong perekonomian kita menuju pertumbuhan dan kesejahteraan yang berkelanjutan.

Kebutuhan akan Nigeria digital tidak hanya sekedar inisiatif pemerintah, namun juga membutuhkan kolaborasi antara sektor publik dan swasta. Badan usaha milik pemerintah harus berupaya menciptakan lingkungan kebijakan yang mendukung dan berinvestasi dalam infrastruktur digital, sementara sektor swasta, khususnya perusahaan teknologi, harus mengembangkan dan menerapkan solusi inovatif yang disesuaikan dengan bisnis di Nigeria.

Direktur Jenderal Badan Pengembangan Teknologi Informasi Nasional (NITDA), Kashifu Abdullahi, menekankan pentingnya digitalisasi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan meningkatkan kemudahan berusaha bagi UKM. Abdullah menekankan inklusivitas dalam akses terhadap infrastruktur digital, menekankan upaya pemerintah dalam memberikan kemudahan proses pendaftaran usaha online dan kerangka hukum untuk memfasilitasi investasi pada infrastruktur publik digital.

Transformasi digital tidak hanya mengurangi biaya transaksi, namun juga meningkatkan fleksibilitas, kecepatan, dan peluang menghasilkan pendapatan bagi usaha kecil. Perusahaan yang menolak kemajuan teknologi berisiko mengalami keterbatasan dalam skalabilitas, akses pasar, efisiensi operasional, profitabilitas, dan daya saing.

Managing Director/CEO DBN, Tony Okpanache, menekankan dampak transformatif Internet terhadap interaksi manusia dan perdagangan. Ia mengakui tantangan penetrasi internet di Nigeria dan menyatakan komitmen DBN untuk mempromosikan solusi yang membuka pembiayaan inovatif bagi UMKM sekaligus merangsang inovasi untuk meningkatkan posisi negara tersebut dalam peringkat kemudahan berbisnis.

READ  Penguncian di China telah menyebabkan kejutan terbaru pada rantai pasokan teknologi global

Melalui rangkaian kuliah tahunan dan inisiatif seperti Techpreneur Summit, DBN terus memimpin diskusi tentang mendorong inovasi, kelincahan, dan profitabilitas bagi usaha kecil, khususnya dalam konteks teknologi baru.