POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Daniel Suarez mencetak NASCAR pertama untuk Meksiko dengan kemenangan bersejarah di Sonoma | NASCAR

Daniel Suarez menjadi pembalap kelahiran Meksiko pertama yang memenangkan balapan NASCAR Balap Seri Piala pada hari Minggu, menahan Chris Bucher untuk kemenangan bersejarah di Sonoma Raceway.

Suarez, penduduk asli Monterrey berusia 30 tahun, akhirnya memenangkan awal karirnya yang ke-195 dalam karir Seri Piala yang dimulai pada tahun 2017. Dia juga mengendarai Trackhouse Racing Chevrolet meraih kemenangan Seri Piala ketiganya musim ini untuk tim rookie-dewasa. Tahun ini dimiliki oleh mantan pembalap Justin Marks dan bintang musik Pitbull.

Suarez menyalip Buescher dan memimpin di awal etape terakhir di jalur jalan berbukit di negara anggur California Utara ini, dan dia bertahan melewati pit stop dan memperingatkan untuk muncul dengan 23 lap tersisa. Buescher mendorongnya dengan keras, tetapi Suárez tidak melakukan kesalahan besar saat berguling menuju kemenangan.

“Ini gila,” kata Suarez. “Saya memiliki banyak ide di kepala saya sekarang. Ini adalah perjalanan seri piala yang sulit dan orang-orang ini percaya pada saya. Saya memiliki banyak orang untuk berterima kasih di Meksiko. Keluarga saya, mereka tidak pernah menyerah pada saya. A banyak orang melakukannya, tetapi mereka tidak melakukannya. Saya senang Hanya karena kami mampu membuatnya bekerja.”

Sisi Suarez menjadi gila ketika itu berakhir, bahkan menarik piñata meriah dalam bentuk taco. Suarez menuntut pinata setiap kali dia meraih kemenangan pertamanya dan mengamankan tempat di kualifikasi – dan merayakannya dengan membuka lubang dengan tinjunya.

“Mereka percaya pada saya sejak hari pertama,” kata Suarez tentang timnya. “(Kami memiliki) semua orang, semua sumber daya untuk mewujudkannya.”

Suarez kemudian berbicara kepada para penggemarnya secara singkat dalam bahasa Spanyol, dengan mengatakan: “Ini adalah yang pertama dari banyak.”

Daniel Suarez dari Monterrey yang berusia 30 tahun akhirnya memenangkan awal karirnya yang ke-195 dalam karir piala yang dimulai pada tahun 2017. Foto: Stan Szito/USA Today Sports

Tempat kedua Buescher finish juga musim terbaik di RFK Racing Ford-nya. Ia gagal meraih kemenangan kedua dalam kariernya.

“Saya sangat sedih berada begitu dekat, tapi selamat untuk Suarez,” kata Boecher. “Kami mencoba, mencoba mendapatkannya. Dia kehabisan tenaga di sana.”

Suárez, yang memenangkan kejuaraan Seri Xfinity pada tahun 2016, adalah pembalap kelahiran asing kelima yang memenangkan perlombaan Seri Piala. Dia bergabung dengan Kolombia Juan Pablo Montoya, Australia Marcos Ambrose, Kanada Earl Ross dan Amerika kelahiran Italia Mario Andretti.

Keberhasilan Suárez dan Trackhouse Racing bisa menjadi dorongan yang disambut baik bagi olahraga yang ingin memperluas jejak budayanya. Setelah pindah ke Amerika Serikat 11 tahun lalu dengan keinginan untuk balapan di panggung yang lebih besar, Suárez adalah kisah sukses besar untuk program Drive for Diversity NASCAR, yang bertujuan untuk membawa perspektif dan latar belakang baru ke sebagian besar organisasi monokultural untuk sebagian besar sejarahnya.

Michael McDowell menyelesaikan musim ketiga melawan Kevin Harvick dalam kondisi mendung pada balapan pertama Sonoma Raceway Cup Series dengan kekuatan penuh sejak sebelum pandemi virus corona. Kerumunan termasuk sekitar 350 penggemar gaduh dari program Suárez, Daniel’s Amigos, yang memungkinkan anak-anak di beberapa kota NASCAR untuk menghadiri balapan.

Austin Sendrick finis di urutan kelima dalam balapan terakhir sebelum jeda pertengahan musim selama satu minggu di Seri Piala.

READ  Qatar tidak akan menjadi tuan rumah balapan motor perdana musim 2023