POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Dampak positif terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif

Dampak positif terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif

Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) resmi berdiri di Bangkok, Thailand, pada 8 Agustus 1967. Artinya, 8 Agustus 2023 akan menjadi peringatan 56 tahun berdirinya ASEAN.

Menariknya, peringatan 56 tahun ASEAN ini bertepatan dengan terpilihnya Indonesia sebagai Ketua ASEAN 2023. Dengan mengusung slogan “ASEAN Matters: Center for Growth”, Keketuaan ASEAN Indonesia resmi berjalan mulai 1 Januari 2023 hingga 31 Desember 2023.

Ini merupakan kelima kalinya Indonesia menjadi tuan rumah Keketuaan ASEAN. Indonesia sebelumnya menjabat presiden pada tahun 1976, 1996, 2003, dan 2011.

Rangkaian Acara KTT ASEAN 2023

Dengan Keketuaan ASEAN, Indonesia juga berpeluang menjadi tuan rumah KTT ASEAN 2023. Pada tahun ini, KTT ASEAN ke-42 telah dilaksanakan sebanyak dua kali.

KTT ASEAN ke-42 sukses digelar di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, pada 9 hingga 11 Mei 2023. Sedangkan KTT ASEAN ke-43 akan digelar di Jakarta pada 5 hingga 7 September 2023.

Foto: Kepresidenan Indonesia di ASEAN berdampak positif pada sektor parkir (asean2023.id)

KTT ASEAN ke-43 di Jakarta tidak hanya dihadiri oleh para pemimpin organisasi tersebut, tetapi juga… Dihadiri juga oleh negara mitra seperti ASEAN+3 yang terdiri dari Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan. Selain itu, KTT ASEAN ke-43 juga akan dihadiri ASEAN Plus CER (Closer Economic Relations) yang terdiri dari Australia dan Selandia Baru.

Sebelumnya, Indonesia juga sukses menyelenggarakan beberapa event internasional saat menggelar ASEAN Chairmanship 2023. Salah satunya adalah ASEAN Tourism Forum (ATF) yang digelar pada 2 hingga 5 Februari 2023 di Yogyakarta.

Dalam kesempatan tersebut, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menyampaikan total potensi kesepakatan yang ada.S Pada ATF 2023 mencapai US$60 juta dari 134.609 transaksi.

READ  Vale Peter McCawley - blog Devpolicy dari Center for Development Policy

Penyelenggaraan ATF 2023 memberikan dampak baik bagi perekonomian daerah Yogyakarta yaitu sebesar Rp55.511.188.447. Capaian tersebut memberikan dampak yang sangat baik dalam mendorong kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Peran ASEAN dalam membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia

Perolehan mandat sebagai ketua ASEAN 2023 merupakan peluang bagus untuk mendukung kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. Terutama dalam memperkenalkan dan mempromosikan seluruh potensi wisata dengan sumber daya alam dan budaya yang melimpah.

Apalagi keindahan destinasi wisata Indonesia terus diapresiasi hingga dunia. Baru-baru ini, Bali menduduki peringkat “destinasi wisata terpopuler kedua di dunia” oleh TripAdvisor. Bahkan, dalam Traveller's Choice Destinations Award, kepopuleran Bali sebagai destinasi terpopuler melampaui London, Paris, dan Roma!

Keketuaan Indonesia di ASEAN pada tahun 2023 diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di negara-negara ASEAN. Termasuk mendukung program IMT-GT di Indonesia sebagai hasil penting KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo pada Mei 2023.

Ke depan, hasil apa pun dari side event dan KTT ASEAN pada masa Keketuaan Indonesia di ASEAN diharapkan dapat membantu mencapai target 8,5 juta kunjungan wisatawan asing dan membuka 4,4 juta lapangan kerja pada tahun 2024.

Gambar: Ilustrasi Presidensi Indonesia di ASEAN 2023: Growth Hub (Shutterstock/Situno Joko Purwanto)