POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Dalam tur Golden Week, Kishida bertujuan untuk menjembatani kesenjangan antara Asia dan Barat di Ukraina

Perdana Menteri Fumio Kishida berharap untuk menjembatani perbedaan antara pendekatan Barat dan Asia Tenggara untuk invasi Rusia ke Ukraina dengan perjalanan ke Vietnam, Indonesia, Thailand dan Inggris.

Sementara Eropa, Amerika Serikat dan Jepang telah menindak Rusia, banyak negara Asia Tenggara enggan menjatuhkan sanksi karena hubungan dekat mereka dengan Moskow.

Kishida sedang mempertimbangkan untuk mengunjungi negara-negara tersebut selama periode liburan Golden Week, dari akhir April hingga awal Mei.

Titik fokus dari kunjungannya adalah seberapa banyak kerja sama yang bisa dia peroleh dari negara-negara Asia Tenggara, termasuk mengenai sanksi terhadap Rusia.

Ini akan menjadi kunjungan kedua Kishida ke bagian lain Asia sejak ia menjabat pada Oktober tahun lalu. Pada kunjungan pertamanya, pada bulan Maret, ia pergi ke India dan Kamboja.

Dalam perjalanan yang akan datang, Kishida berencana untuk bertukar pandangan terutama tentang situasi di Ukraina dan pergerakan China yang dominan.

Jepang mengkritik Rusia atas serangannya ke Ukraina. Setiap kali Eropa dan Amerika Serikat mengumumkan sanksi terhadap Moskow, Jepang mengikutinya.

“Penting bagi kita untuk berbagi pandangan dengan negara-negara Asia lainnya bahwa kita tidak boleh membiarkan perubahan status quo dengan paksa,” kata Kishida.

Negara-negara “Kuartet” Jepang, Amerika Serikat, Australia dan India dijadwalkan mengadakan pertemuan puncak di Jepang pada akhir Mei, sementara pertemuan para pemimpin G7 akan diadakan di Jerman pada akhir Juni. Pada pertemuan tersebut, Kishida diharapkan mengumumkan hasil perjalanannya ke Asia Tenggara.

Namun, tidak jelas apakah dia akan dapat mencapai hasil yang diinginkan.

Vietnam telah lama menjalin hubungan persahabatan dengan Rusia. Dan bulan lalu negara itu abstain dari pemungutan suara pada resolusi Majelis Umum PBB yang mengutuk invasi Rusia. Kishida kemungkinan akan mengalami kesulitan mengamankan kesepakatan Vietnam untuk menjatuhkan sanksi pada Moskow.

READ  Dipenuhi dengan cinta: Pemilik hewan peliharaan yang berduka menggunakan taksidermi di Pakistan - Gaya Hidup

Indonesia menjadi ketua G20 tahun ini, sedangkan Thailand menjadi ketua Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik tahun ini. Karena Amerika Serikat menyerukan agar Rusia dikeluarkan dari Forum Ekonomi Maju dan Berkembang G-20, Kishida mungkin akan mengangkat isu tersebut saat berkunjung ke Indonesia.

Tetapi tidak pasti apakah pemegang kursi kepresidenan, yang tugasnya menyeimbangkan kepentingan negara-negara anggota yang saling bertentangan, akan mengambil posisi yang serupa dengan posisi Jepang, Amerika Serikat, dan Eropa.

Selama perjalanan, Kishida juga akan bertemu Perdana Menteri Inggris Boris Johnson untuk pertama kalinya sejak pembicaraannya di sela-sela pertemuan darurat G7 di Brussels pada Maret.

Keduanya diharapkan untuk mengkonfirmasi kerja sama dalam perang dan membahas usulan pencabutan pembatasan impor makanan Jepang Inggris, serta tawaran London untuk bergabung dengan Perjanjian Perdagangan Bebas Regional Komprehensif dan Progresif Trans-Pasifik (CPTPP).

Selama perjalanannya ke Asia Tenggara dan Inggris, Kishida berharap dapat memperkuat kerja sama untuk mencapai kawasan Indo-Pasifik, dengan mempertimbangkan China.

Di saat informasi yang salah dan banyak informasi, Jurnalisme berkualitas lebih penting dari sebelumnya.
Dengan berlangganan, Anda dapat membantu kami memperbaiki cerita.

berlangganan sekarang

Galeri foto (klik untuk memperbesar)