POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Cominfo menjajaki kerja sama ICT dengan Papua Nugini

Cominfo menjajaki kerja sama ICT dengan Papua Nugini

Jakarta (ANTARA) – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membahas kerja sama di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dengan Papua Nugini.

Pada Kamis (25 April), Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Ari Setiadi menerima kunjungan Menteri Informasi dan Komunikasi Papua Nugini, Timothy Masiu, di kantor Cominfo di Jakarta.

“Saya sangat berharap pertemuan ini dapat memfasilitasi pertukaran pandangan yang bermanfaat untuk pemahaman yang lebih baik, serta memberikan wawasan untuk kerja sama kedua negara,” kata Setiadi dalam siaran pers kementerian.

Menurut Setiadi, teknologi informasi dan komunikasi merupakan aspek penting yang memungkinkan berkembangnya segala sektor di era digital.

Menteri menyatakan sektor digital dapat meningkatkan PDB global lebih dari 50 persen. Ia menambahkan, sektor digital tumbuh 2,10 persen lebih cepat dibandingkan sektor non-digital.

Setiadi juga menyoroti potensi peningkatan pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 6,2 persen setiap tahunnya dan berkontribusi 20,5 persen terhadap PDB nasional pada tahun 2045 yang didukung oleh digitalisasi.

Ia mencontohkan, “harapan tersebut dapat terwujud melalui upaya percepatan transformasi digital yang mendorong pertumbuhan ekonomi.”

Berita Terkait: Indonesia dan Jepang jalin kerja sama TIK

Oleh karena itu, pihaknya terbuka terhadap kerja sama di bidang transformasi digital untuk memungkinkan percepatan adaptasi dan kesejahteraan di lanskap digital.

Ia menilai upaya yang dilakukan untuk mencapai kerja sama transformasi digital antara Indonesia dan Papua Nugini sudah jelas.

Kominfo terbuka terhadap potensi kerja sama di bidang spektrum, penyiaran, dan ekonomi digital untuk memajukan usaha kecil menengah dan start-up.

Setiadi menyampaikan harapannya agar kerja sama di bidang ICT antara Indonesia dan Papua Nugini dapat segera tercapai.

“Untuk meningkatkan inklusivitas dan kemakmuran negara kami, kami akan menjajaki peluang kerja sama di masa depan,” katanya.

READ  Jaishankar berbicara dengan mitranya dari Indonesia dan berfokus pada G20

Berita Terkait: Indonesia dan Korea Selatan sepakat untuk mengembangkan ekosistem TIK untuk UKM