POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

COMAC memperkenalkan versi jet C919 yang lebih kecil dan lebih besar

COMAC memperkenalkan versi jet C919 yang lebih kecil dan lebih besar

Tidak mengherankan, COMACProdusen pesawat komersial milik negara Tiongkok telah meluncurkan pesawat jenis baru Pesawat komersial C919 Pada Pameran Penerbangan Perdagangan Internasional Shanghai 2023.

Pesawat terbaru yang pernah dirancang di Tiongkok, C919 yang sudah ada akan dilengkapi dengan versi yang lebih kecil yang disebut C919 “disingkat” atau “varian dataran tinggi”Dan yang lebih besar, “varian tambahan”.

COMAC tidak memberikan rincian spesifikasi teknis pesawat baru tersebut, namun menyatakan bahwa versi pendek akan mampu mengangkut 140 penumpang dalam tata letak dua kabin sedangkan pesawat C919 yang lebih besar akan menawarkan 210 kursi, juga dalam dua kelas.

C919 Disingkat/Varian Dataran Tinggi (COMAC)

Menurut perusahaan, pesawat C919 yang “diregangkan” dapat memenuhi kebutuhan operasional antara kota-kota besar di China dan kawasan Asia-Pasifik. Pesawat C919 yang lebih kecil juga akan menargetkan operasi di bandara dataran tinggi.

Ukurannya serupa dengan keluarga A320neo

Meski pengukuran pesawat tidak dilaporkan. ADN Saya membandingkan foto-foto tersebut dengan versi produksi dan memperkirakan bahwa C919 “dataran tinggi” memiliki panjang sekitar 34 meter sedangkan C919 “melar” memiliki panjang sekitar 45 meter.

Dimensi ini sangat mirip dengan keluarga Airbus A320neo yang menjadi inspirasi COMAC. A319neo memiliki panjang 33,8 meter, sedangkan A320neo memiliki panjang 37,6 meter. Anggota terbesar dari seri ini, A321neo, memiliki panjang 44,5 meter.

Perkiraan perbandingan panjang ketiga versi C919 (COMAC dan media sosial)

Foto dan model yang dirilis pada acara tersebut menunjukkan C919 yang lebih kecil hanya memiliki satu jendela darurat di tengah badan pesawat, sedangkan C919 yang lebih panjang mendapat pintu ketiga di bagian belakang pesawat.

Ikuti ADN: Instagram | LinkedIn | Twitter | Facebook

COMAC juga tidak memberikan prediksi mengenai tahapan studi tersebut, namun peluncuran komersial keluarga pesawat komersial adalah langkah alami mengingat ambisi Tiongkok untuk mencapai swasembada di sektor tersebut.

READ  Rusia kecam 'kebocoran sepihak' dari panggilan Putin-Macron | berita perang antara rusia dan ukraina

Program C919 berjalan lambat, Dengan pesawat pertama yang baru memasuki layanan pada Mei 2023. Saat ini baru dua pesawat yang dikirimkan, keduanya ke China Eastern Airlines yang telah melakukan pemesanan awal sebanyak lima pesawat.