POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

China temukan kotak hitam pertama pesawat yang jatuh, dan Amerika Serikat bahas karantina untuk penyelidik

China temukan kotak hitam pertama pesawat yang jatuh, dan Amerika Serikat bahas karantina untuk penyelidik

  • Kotak hitam diyakini sebagai perekam kokpit
  • Volume dada yang rusak ‘relatif lengkap’
  • Pesawat terus berlanjut sampai turun dengan cepat

Wuzhou, China (23 Maret) (Reuters) – Pekerja darurat China pada Rabu menemukan salah satu dari dua kotak hitam China Eastern Airlines. (600115.SS) Sebuah pesawat dengan 132 orang di dalamnya jatuh, tetapi upaya AS untuk bergabung dalam penyelidikan ditunda karena aturan karantina COVID-19.

Perangkat kotak hitam yang ditemukan adalah perekam suara kokpit pesawat, berdasarkan evaluasi awal, kata seorang pejabat Administrasi Penerbangan Sipil China dalam sebuah pengarahan media, menambahkan bahwa bahan rekaman tampaknya selamat dari tabrakan dalam kondisi yang relatif baik.

Penerbangan MU5735 sedang dalam perjalanan dari kota barat daya Kunming ke Guangzhou di pantai pada hari Senin ketika sebuah Boeing 737-800 tiba-tiba jatuh dari ketinggian yang seharusnya mulai mendarat sebelum mendarat.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Penyebab kecelakaan belum ditentukan. Sebagian besar pesawat tampaknya hancur karena benturan, meskipun beberapa puing dan sisa-sisa manusia ditemukan.

“Pemeriksaan awal menunjukkan bahwa bagian luar perekam rusak parah, tetapi unit penyimpanan, meskipun juga rusak sampai batas tertentu, relatif lengkap,” kata Zhu Tao, seorang pejabat di Otoritas Penerbangan Sipil.

Zhou mengatakan kotak hitam itu telah dikirim ke sebuah institut di Beijing untuk mendekripsinya, meskipun berapa lama akan tergantung pada tingkat kerusakannya.

Mao Yanfeng, kepala investigasi pesawat CAAC, mengatakan cuaca di sepanjang jalur penerbangan pada hari Senin tidak menimbulkan bahaya bagi pesawat, dan bahwa pengontrol lalu lintas udara melakukan kontak dengannya setelah lepas landas dan sebelum pendaratan cepat.

Menteri Transportasi AS Pete Buttigieg mengatakan pada hari Rabu bahwa pihak berwenang China telah mengundang Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS (NTSB) untuk berpartisipasi dalam penyelidikan kecelakaan itu, menambahkan bahwa ia sangat terdorong oleh seruan untuk berada di lapangan di China.

READ  Temukan dunia hutan purba yang besar 630 kaki di bawah sumur di China

Namun, NTSB kemudian mengatakan belum menentukan apakah penyelidik akan melakukan perjalanan ke China sehubungan dengan persyaratan visa dan karantina.

“Kami bekerja dengan Departemen Luar Negeri untuk mengatasi masalah ini dengan pemerintah China sebelum perjalanan diidentifikasi,” kata Dewan Keselamatan Transportasi Nasional.

China memiliki sangat sedikit kasus COVID dan persyaratan ketat untuk setidaknya dua minggu karantina hotel pada saat kedatangan untuk warga negara dan orang asing. Tim WHO yang menyelidiki asal muasal pandemi tahun lalu harus melakukan karantina terlebih dahulu. Baca lebih banyak

China memimpin penyelidikan kecelakaan itu, tetapi Amerika Serikat diundang untuk berpartisipasi karena pesawat itu dibangun di sana.

Pihak berwenang China mengatakan pesawat itu, yang tidak menanggapi panggilan berulang kali saat mendarat, memenuhi standar kelaikan udara sebelum lepas landas dan bahwa tiga pilot – satu lebih dari yang biasanya dibutuhkan pada 737 – dalam keadaan sehat.

Seorang pejabat di China timur mengatakan kapten, yang dipekerjakan pada Januari 2018, memiliki 6.709 jam terbang, sedangkan perwira pertama dan kedua masing-masing memiliki 31.769 jam dan 556 jam.

“Dari apa yang kami ketahui, ketiga pilot itu melakukannya dengan baik dan kehidupan keluarga mereka relatif harmonis,” kata pejabat itu.

Maskapai mengatakan salah satu co-pilot adalah pengamat untuk membangun pengalaman.

Tindakan pencegahan tambahan

Surat kabar yang didukung negara, The Paper, mengatakan China Eastern telah memperketat tindakan pencegahan setelah kecelakaan itu, membutuhkan dua kapten senior dan seorang co-pilot senior pada awak tiga orang di beberapa jenis pesawat.

READ  Etihad Airways menggandakan penerbangan hariannya dari Abu Dhabi ke Kuala Lumpur Bepergian

Hujan deras yang turun di China selatan pada Rabu menghambat pencarian korban dan kotak hitam, dengan prakiraan cuaca basah hingga akhir pekan.

Kerabat yang berduka mengunjungi lokasi itu, termasuk seorang pensiunan, Zhang dari Shenzhen, yang berlinang air mata ketika dia memberi tahu Reuters bahwa keponakannya ada di kapal. Baca lebih banyak

“Saya berharap negara dapat menyelidiki masalah ini secara menyeluruh dan melihat apakah itu kesalahan pabrikan atau apakah itu masalah pemeliharaan,” kata Zhang.

CAAC telah memulai inspeksi sektor dua minggu, termasuk inspeksi semua pusat kendali lalu lintas udara regional, maskapai penerbangan dan lembaga pelatihan penerbangan untuk memastikan keselamatan “mutlak”.

Data FlightRadar24 menunjukkan pesawat turun dengan kecepatan 31.000 kaki per menit.

China telah meningkatkan keselamatan udara selama dua dekade terakhir, dan bencana Senin adalah kecelakaan besar pertama dalam beberapa dekade.

China Eastern dan dua anak perusahaannya telah membangun armada lebih dari 200 pesawat Boeing (melarang) 737-800 pesawat. Seorang pejabat maskapai mengatakan langkah itu merupakan tanggapan darurat atas kecelakaan itu dan bukan tanggapan terhadap masalah keselamatan apa pun.

Bencana itu terjadi ketika Boeing sedang berupaya untuk pulih dari beberapa krisis, terutama masalah keamanan tentang 737 Max setelah dua kecelakaan fatal dan dampak pandemi pada perjalanan.

Daftar sekarang untuk mendapatkan akses gratis tanpa batas ke Reuters.com

Pelaporan tambahan oleh Stella Keogh dan Ryan Wu di Beijing, Meg Shen dan Tueni Siu di Hong Kong, David Shepardson di Washington dan Jimmy Freed di Sydney; Penyunting: Simon Cameron Moore, Edmund Blair, Peter Henderson, Jonathan Otis, Bernard Orr

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

READ  Pembatasan perdagangan baru yang diberlakukan oleh Beijing di Taiwan setelah kunjungan Pelosi adalah setetes di lautan