POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

China memulai latihan angkatan laut di Laut China Selatan sebelum pengerahan India

BEIJING: China pada hari Jumat memulai latihan angkatan laut selama lima hari di wilayah yang disengketakan laut Cina SelatanDan penetapan area yang luas untuk membatasi navigasi di tengah latihan militer komprehensif yang dilakukan Amerika Serikat di kawasan Indo-Pasifik bersama dengan Inggris, Australia dan Jepang, yang pertama dari jenisnya dalam lebih dari empat dekade.
Angkatan Laut India juga mengerahkan Kelompok Tugas Angkatan Laut yang terdiri dari empat kapal perang garis depan di Laut Cina Selatan, Pasifik Barat, dan Asia Tenggara selama lebih dari dua bulan mulai awal Agustus, dalam sebuah langkah signifikan yang bertujuan memperkuat citranya secara strategis di jalur laut utama. .
Juru bicara Angkatan Laut India Vivek Madhwal mengatakan pada 2 Agustus bahwa kapal-kapal India, ketika dikerahkan, akan mengambil bagian dalam latihan Malabar edisi berikutnya bersama dengan angkatan laut sekutu Jepang, Australia dan Amerika Serikat di Pasifik Barat.
Pada hari Jumat, Kementerian Luar Negeri China mengatakan, mengenai latihan oleh negara-negara Kuartet, “China berharap kapal perang negara-negara yang bersangkutan akan secara ketat mematuhi hukum internasional, menghormati kedaulatan, hak dan kepentingan negara-negara di Laut China Selatan, menghindari merusak perdamaian regional dan banyak lagi.”
Pemberitahuan yang dikeluarkan oleh Administrasi Keselamatan Maritim Awal pekan ini, dia mengatakan China akan mengadakan latihan militer di LCS dari Jumat hingga Selasa.

READ  Industri minyak sawit Malaysia berupaya memperluas peluang ekspor - Bagian 1 MPOC