POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

China mempertimbangkan utusan ekonomi baru Amerika Serikat

Beijing sedang mempertimbangkan apakah akan mengganti Wakil Perdana Menteri Liu He sebagai utusan ekonomi utamanya dengan Washington, menurut para pejabat yang mengetahui masalah tersebut, sebuah keputusan yang menurut pejabat pemerintahan Biden akan menandakan kedalaman kepentingan China dalam kerja sama ekonomi.

Di bawah skenario ini, para pejabat ini berkata, Liu, yang telah menghabiskan puluhan tahun menangani masalah ekonomi, akan digantikan oleh Hu Chunhua, wakil perdana menteri junior yang telah meninggalkan jejaknya dalam mengawasi wilayah Tibet yang bermasalah dan mengelola perdagangan yang bergantung pada perdagangan. provinsi pesisir. Namun Guangdong memiliki sedikit pengalaman dalam hubungan AS-China.

Pertimbangannya adalah bagian dari campuran karyawan yang lebih luas saat China menyelaraskan kembali pendekatannya terhadap pemerintahan AS yang baru. Gencatan senjata perdagangan Kedua belah pihak mencapainya awal tahun lalu Beijing telah mendorong untuk mengalihkan fokus ekonominya dari tarif menjadi mendorong keringanan sanksi dari perusahaan-perusahaan China, terutama raksasa telekomunikasi Huawei Technologies.

Para pejabat mengatakan bahwa tidak ada keputusan akhir yang dibuat tentang masalah personalia, menambahkan bahwa ada juga alasan untuk mempertahankan Liu dalam peran tersebut. Kementerian Luar Negeri China telah merujuk pertanyaan ke Kementerian Perdagangan China, yang mengawasi perdagangan. Dia tidak menanggapi permintaan komentar.

Bahkan jika dia akan diganti sebagai pusat ekonomi utama Beijing dengan Washington, Liu masih akan memikul tanggung jawab besar, menurut para pejabat, termasuk mengawasi sektor keuangan China pada saat utang tinggi dan risiko gagal bayar.

READ  Puncak dan matahari menghangatkan harapan pariwisata