POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

China dan ASEAN menganjurkan integrasi ekonomi regional yang lebih besar

China dan ASEAN menganjurkan integrasi ekonomi regional yang lebih besar

Kedua pihak meninjau pencapaian kerja sama bilateral selama 20 tahun terakhir dan mengharapkan perdagangan meningkat menjadi lebih dari $1 triliun pada tahun 2023.

Wang Yi, ketua Komite Urusan Luar Negeri CPC dan anggota Politbiro, mewakili China pada Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN-China di Indonesia.

Diplomat tersebut menekankan bahwa kerja sama bersama memungkinkan untuk mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh pandemi dan membuat kemajuan dalam perdamaian dan stabilitas kawasan.

Wang menunjuk ke beberapa proyek yang telah diselesaikan dari Belt and Road Initiative antara negara-negara Asia Tenggara dan China, yang menguntungkan lebih dari dua miliar orang.

Dia secara khusus memuji pembukaan jalan tol Phnom Penh-Sihanoukville di Kamboja, peluncuran layanan penumpang lintas batas di kereta api China-Laos, dan koridor perdagangan internasional baru antara darat dan laut.

Kedua belah pihak membahas negosiasi Area Perdagangan Bebas China-ASEAN versi 1.3, serta implementasi Asosiasi Ekonomi Komprehensif Regional.

Wang menegaskan kembali sikap China untuk melanjutkan pembangunan ASEAN secara terbuka dan inklusif tanpa campur tangan pihak luar.

jg/llp/jha/idm

READ  Blinken sedang bersiap untuk mendarat di China dengan penerbangan langka karena harapan akan adanya terobosan semakin menipis