POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Cara tetap sehat di musim pilek, flu, dan COVID-19

Cara tetap sehat di musim pilek, flu, dan COVID-19

Perkiraan waktu membaca: 3-4 menit

WASHINGTON — Musim dingin telah tiba, dengan gejala yang sama seperti batuk, hidung tersumbat, kelelahan, demam – dan tahun ini, varian baru virus corona (COVID-19) mendominasi daftar kasus.

Virus corona (COVID-19) menempati urutan teratas dalam jumlah pasien rawat inap di antara virus-virus pernapasan lainnya, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

Pekan lalu, 25 negara bagian AS mencatat tingkat penyakit pernapasan yang tinggi atau sangat tinggi disertai demam, batuk, dan gejala lainnya. Jumlah tersebut turun dari 37 negara bagian pada minggu sebelumnya, kata CDC.

Sejak awal Oktober 2023, setidaknya terdapat 16 juta penyakit, 180,000 rawat inap, dan 11,000 kematian akibat influenza sepanjang musim ini. CDC mengatakan 47 anak meninggal karena flu.

Januari bisa menjadi bulan terburuk untuk penyakit-penyakit ini. Ketika tingkat vaksinasi menurun, apa yang dapat Anda lakukan untuk melindungi diri Anda dari virus pernapasan, termasuk influenza, COVID-19, dan virus pernapasan syncytial?

Kembali ke dasar

Mencuci tangan tetap penting untuk membatasi penyebaran infeksi virus. Luangkan waktu Anda di bak mandi. Direkomendasikan dua puluh detik. Jika Anda merasa konyol menyanyikan “Selamat Ulang Tahun” dua kali sambil menggosok kulit dengan sabun dan air, hitung sampai 20 secara perlahan.

Gunakan pembersih tangan beralkohol 60% ketika Anda tidak memiliki akses terhadap sabun dan air.

Kenakan juga masker di tempat keramaian. Tingkatkan ventilasi di tempat kerja dan rumah Anda.

Belum terlambat untuk mendapatkan vaksinasi

Di Amerika Serikat, hanya 17% dari mereka yang memenuhi syarat telah menerima vaksin COVID-19 terbaru, yang memberikan perlindungan yang baik terhadap varian JN.1 yang kini mendominasi.

READ  Fotoreduksi sukses pertama Chandrayaan-3, mendekati bulan

Belum terlambat untuk menyingsingkan lengan baju Anda. Saat Anda melakukannya, pastikan Anda mendapatkan vaksinasi flu tahunan. Orang yang berusia 60 tahun atau lebih mungkin ingin mendapatkan vaksin RSV, yang juga dianjurkan selama kehamilan untuk mencegah RSV pada bayi.

Anak-anak di rumah

Anak-anak kecil sepertinya tertular semua kuman di sekitar mereka. Apakah orangtuanya bisa terhindar dari penyakit tersebut?

Jennifer Soni, dari Fakultas Keperawatan Universitas Washington di Seattle, mengatakan bahwa anak-anak pada saat ini berada di ruang tertutup bersama anak-anak lain, menyentuh mainan dan permukaan yang sama. Ada yang belum belajar cara menutupi batuk, dan belum terkena banyak penyakit, sehingga sistem kekebalan tubuh mereka masih berkembang.

Penting untuk menjaga diri sendiri jika Anda adalah orang tua atau pengasuh anak kecil, kata Sonny, yang pernah menjabat sebagai presiden National Association of Pediatric Nurse Practitioners.

“Kami tahu jika Anda kurang tidur, mengalami dehidrasi, atau mengalami banyak stres, hal itu dapat membahayakan fungsi kekebalan tubuh Anda,” kata Soni.

Ia menambahkan bahwa memiliki anak kecil sangatlah sulit, “jadi semua nasihat ini harus ditafsirkan dalam konteks kenyataan.” “Meskipun melakukan segalanya dengan benar, anak-anak tetap saja terkena flu.”

Catatan khusus jika anak Anda sakit: Sebaiknya sediakan obat tetes garam dan suntikan di rumah. Mereka bisa digunakan untuk mengeluarkan lendir dari lubang hidung kecil.

“Teteskan beberapa tetes larutan garam ke salah satu lubang hidung, lalu disedot, lalu disedot keluar di sisi lainnya,” kata Soni. “Melakukan ini sebelum makan dan tidur akan sangat membantu.”

Perlengkapan rumah untuk anak-anak juga dapat mencakup asetaminofen atau ibuprofen untuk demam, tisu untuk pilek, dan air kemasan dari cangkir sippy agar tetap terhidrasi.

READ  DeepMind mengungkapkan struktur 200 juta protein dalam lompatan ilmiah ke depan | pikiran yang dalam

Tes untuk pengobatan

Jika Anda sakit, tes segera dapat membantu menentukan apakah Anda mengidap COVID-19 atau flu. Penting untuk mengetahui apakah Anda memerlukan salah satu obat yang dapat membantu mencegah penyakit parah: Baxlovid untuk COVID-19 dan Tamiflu untuk influenza.

Jika Anda tidak memiliki alat tes di rumah, carilah tempat tes untuk mengobati di klinik farmasi atau puskesmas dekat rumah Anda. Ada juga program pengujian di rumah gratis untuk orang dewasa yang tidak memiliki asuransi atau bergantung pada asuransi kesehatan pemerintah.

Departemen Kesehatan dan Sains Associated Press menerima dukungan dari Grup Media Sains dan Pendidikan di Howard Hughes Medical Institute. Associated Press sepenuhnya bertanggung jawab atas semua konten.

gambar-gambar

Cerita Amerika Terbaru

Lebih banyak cerita yang mungkin menarik bagi Anda