POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Cara meningkatkan reputasi Anda sebagai wanita di bidang teknologi

Wanita mengambil langkah menuju representasi yang lebih besar di dunia teknologi, tetapi kami masih kurang terwakili secara statistik dalam industri ini. Proporsi wanita di bidang teknologi jauh lebih rendah daripada proporsi wanita dalam angkatan kerja secara keseluruhan, menurut statistikWanita memegang 26,5 persen posisi eksekutif di 500 perusahaan Standard & Poor’s.

Wanita masih menghadapi tantangan sehari-hari yang memengaruhi cara kita memandang kita di tempat kerja – terutama di bidang teknologi. Wanita memiliki dua pilihan: memandang atau menerima tantangan ini sebagai hambatan yang luar biasa dan mengembangkan strategi untuk membedakan diri mereka satu sama lain. Saya telah berkecimpung dalam pemasaran dan teknologi selama lebih dari satu dekade sekarang, dan saya telah belajar pentingnya memasarkan diri Anda sendiri dalam industri di mana demografi Anda biasanya kurang terwakili.

Baik Anda memulai karir, memperkuat peran Anda, atau mempertimbangkan memasuki bidang di mana perempuan kurang terwakili, berikut adalah lima cara utama untuk memasarkan diri Anda di dunia teknologi.

Gunakan suara Anda di bidang Anda

Tetapkan diri Anda sebagai pemimpin pemikiran dan ekspresikan kontribusi Anda pada industri ini. Ini tidak berarti menyombongkan diri, tetapi itu berarti Anda meluangkan waktu ekstra untuk mengekspresikan pendapat dan ide Anda tentang tren tertentu di industri ini. Gunakan media sosial – LinkedIn, Twitter, Facebook, Instagram – untuk membangun profil Anda sebagai pemimpin industri.

Kepemimpinan pemikiran yang berdedikasi menunjukkan bahwa Anda tahu apa yang Anda bicarakan dan bahwa Anda cukup percaya diri untuk membagikan pendapat Anda kepada dunia. Saat majikan, klien, dan rekan kerja mencari Anda secara online, mereka akan melihat bahwa Anda mengikuti tren industri. Sebagai pemimpin dalam pemasaran dan teknologi, saya telah menggunakan LinkedIn untuk membagikan pemikiran saya tentang strategi digital kepada dunia. Ini telah membantu saya menciptakan komunitas digital dan memunculkan perspektif unik saya tentang industri ini.

READ  Big Tech memiliki masalah pembajakan IP - TechCrunch

Miliki apa yang Anda ketahui

Keyakinan adalah unsur utama untuk sukses di industri apa pun, tetapi ketika Anda satu-satunya wanita di ruangan itu, itu penting. Misalnya, di Mohana Radhakrishnan, pemimpin teknologi selama lebih dari 20 tahun, berkonsultasi dengan klien teknologi utama tentang kebutuhan pembelajaran digital mereka, kepercayaan telah digunakan sebagai alat komunikasi.

Meskipun mendirikan dan memimpin perusahaan teknologi besar selama beberapa dekade, dia mengatakan beberapa klien masih mengabaikannya dalam rapat. Banyak wanita mungkin merasa ini membuat frustrasi dan menghina, tetapi ini mengurangi kesempatan untuk menunjukkan apa yang Anda ketahui. Dalam situasi di mana Anda merasa seperti orang asing di dalam ruangan, Radhakrishnan mengatakan penting untuk percaya diri.

Selama dua dekade memimpin perusahaan, dia selalu berkata, “Saya tahu apa yang saya tahu.” Keyakinan ini memungkinkannya, di awal karirnya, untuk bersikap tegas dan mengekspresikan keahliannya. Jika Anda ingin memasarkan diri Anda sebagai wanita di bidang teknologi, di mana Anda mungkin satu-satunya wanita di ruangan itu, yakinlah Anda tahu. Lakukan apa yang dikatakan Radhakrishnan dan jangan terpengaruh oleh persepsi orang lain. Sebaliknya, tunjukkan keahlian Anda dengan percaya diri dalam peran dan bidang Anda.

Membangun reputasi dengan klien

Pelanggan adalah sekutu terbesar Anda ketika bekerja di lingkungan di mana Anda adalah minoritas. Bangun reputasi positif dengan klien Anda sehingga Anda memiliki sistem dukungan orang-orang yang akan memastikan keterampilan Anda saat Anda membangun karier. Komitmen terhadap layanan pelanggan adalah yang terpenting di sini. Annie Raigosa, Direktur Layanan Klien di WebEnertia, melakukan ini dengan mengadakan pertemuan rutin dengan klien dan menindaklanjuti umpan balik positif dan negatif. Itu terus berinvestasi dalam pengalaman pelanggan, dan sebagai hasilnya, dikatakan telah membangun reputasi yang kuat untuk layanan pelanggan yang sangat baik yang diberikannya.

READ  Big Tech menjadi fokus minggu depan saat komite DPR AS memberikan suara pada tagihan baru

Naikkan level dan dukung wanita lain di lapangan

Salah satu cara yang dapat ditanggapi oleh wanita di bidang teknologi adalah dengan mendukung orang lain yang memiliki tujuan karir yang sama. Meskipun kami telah membuat kemajuan dalam beberapa dekade terakhir, perempuan masih kurang terwakili. Misalnya, Presiden AdRoll Roli Saxena juga merupakan salah satu pendiri jaringan LinkedIn wanita yang membantu meningkatkan keterwakilan wanita dalam peran kepemimpinan.

Memasarkan diri Anda sebagai wanita di bidang teknologi bukanlah hal yang dangkal. Sama seperti strategi apa pun, tujuan akhirnya adalah mengomunikasikan elemen terpenting seputar apa yang Anda tawarkan (dalam hal ini, Anda sendiri) sehingga Anda dapat menjangkau lebih banyak orang dan menciptakan dampak yang lebih besar.

Jika Anda menggunakan suara Anda, mengomunikasikan pengetahuan Anda dengan percaya diri, menemukan faktor pembeda Anda, membangun reputasi Anda, dan mendukung orang lain, Anda akan melangkah lebih jauh sebagai wanita di bidang teknologi. Jadi jangan takut untuk “tahu apa yang Anda tahu”. Ikuti para pemimpin industri dan terus pecahkan langit-langit kaca.

Pendapat yang diungkapkan di sini oleh kolumnis Inc.com adalah milik mereka sendiri, bukan milik Inc.com.