POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Calon presiden Indonesia memaparkan rencana untuk menghidupkan kembali perekonomian senilai $1,2 triliun |  Kebijakan

Calon presiden Indonesia memaparkan rencana untuk menghidupkan kembali perekonomian senilai $1,2 triliun | Kebijakan

Ketika ketiga calon presiden Indonesia bersiap untuk memulai masa kampanye resmi yang dimulai pada hari Selasa, mereka menghadapi tantangan untuk membalikkan perlambatan pertumbuhan ekonomi terbesar di Asia Tenggara ini.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan, dan mantan Gubernur Jawa Tengah Jangar Pranowo akan bersaing pada 14 Februari untuk menggantikan Presiden Joko Widodo, yang secara konstitusi dilarang mencalonkan diri setelah dua periode kekuasaan.

Pertumbuhan PDB Indonesia melambat menjadi 4,94 persen pada kuartal ketiga, dibandingkan dengan 5,72 persen pada periode yang sama tahun 2022, menurut data pemerintah.

Perekonomian Indonesia tumbuh sebesar 5,3 persen sepanjang tahun 2022, yang merupakan ekspansi terbesar dalam sembilan tahun terakhir, karena negara yang kaya sumber daya ini memperoleh manfaat dari lonjakan komoditas global.

Para ekonom mengatakan mempertahankan pertumbuhan PDB di atas 5% diperlukan untuk menciptakan lapangan kerja yang cukup bagi lebih dari 1 juta penduduk Indonesia yang baru memasuki pasar tenaga kerja setiap tahunnya.

Perekonomian Indonesia menambah rata-rata 2,4 juta lapangan pekerjaan baru setiap tahun antara tahun 2009 dan 2019, menurut Bank Dunia.

Tingkat pengangguran di Indonesia pada bulan Agustus adalah 5,32 persen, turun 0,54 poin persentase dari tahun sebelumnya, menurut angka resmi.

Ganjar dan wakilnya, Mahfouz Mahmouddin, yang dikenal sebagai Mahfouz MD, berjanji untuk menciptakan 17 juta lapangan kerja baru, dengan fokus khusus pada generasi muda negara.

Inisiatif “Mulai Bekerja Cepat” mencakup rencana untuk memperluas pelatihan kejuruan dan memperluas pendidikan gratis dari saat ini 9 tahun menjadi 12 tahun.

“Pemuda Indonesia perlu mendapatkan pekerjaan dengan cepat atau diberi kemudahan untuk membuka usaha sendiri dan menjadi wirausaha,” Arshad Rasjid, kepala kampanye tiket Janjar-Mahfuz, mengatakan kepada Al Jazeera, memperingatkan bahwa keuntungan demografis negara ini bisa menjadi bencana jika itu tidak ditangani dengan benar.

READ  Penyerbukan yang dipercepat membantu Indonesia mencapai pertumbuhan ekonomi 4-5 persen

Arshad mengatakan peningkatan industrialisasi dan pendidikan akan menjadi satu-satunya cara untuk memenuhi kebutuhan lapangan kerja masyarakat.

“Untuk setiap keluarga berpenghasilan rendah, kami ingin setidaknya ada satu orang lulusan universitas yang dapat mengangkat mereka keluar dari perangkap kemiskinan,” kata Arshad.

Arsjad Rashid mengatakan tiket Janjar-Mahfuz fokus pada penciptaan lapangan kerja bagi generasi muda [Amy Chew/Al Jazeera]

Anies, mantan Gubernur Jakarta, menekankan perlunya mendistribusikan manfaat sumber daya alam negara yang melimpah secara lebih adil.

Widodo, yang dikenal sebagai Jokowi, telah menjadikan “hilir” sebagai landasan kebijakan ekonominya dengan mempelopori undang-undang yang melarang ekspor mineral dan mengharuskan barang-barang yang diekstraksi di negara tersebut diproses di dalam negeri.

Ekspor Indonesia yang terkait dengan nikel melonjak dari sekitar $6 miliar menjadi $30 miliar dari tahun 2013 hingga 2022, didukung oleh produk-produk dengan nilai tambah yang lebih tinggi seperti baja tahan karat dan bahan baterai.

Juru bicara Anis dan penasihat kebijakan ekonomi Tom Limbong mengatakan sektor pertambangan telah memperlebar kesenjangan antara daerah kaya dan miskin serta daerah maju dan tertinggal.

“Pertumbuhan ekonomi Indonesia didominasi oleh sektor industri yang sempit, yang sebagian besar terkait dengan komoditas seperti pertambangan batu bara, pertambangan dan peleburan nikel, serta minyak sawit,” kata Limbong kepada Al Jazeera.

“Karena sektor komoditas bersifat padat modal, maka sebagian besar masyarakat kaya, pemilik modal,lah yang memperoleh manfaat dari kemakmuran berbasis komoditas.”

Anies akan memanfaatkan peluang pertumbuhan yang sebelumnya terabaikan seperti industri padat karya dan sektor jasa, dan menempatkan pertumbuhan ekonomi pada “pijakan yang lebih terdiversifikasi dan berkelanjutan,” kata Limbong.

“Salah satu contoh strategi pertumbuhan yang didorong oleh urbanisasi oleh Anis Muhaimin adalah dengan fokus pada setidaknya 14 kota di seluruh Indonesia, yang masing-masing kota akan menjadi mesin pertumbuhan yang lebih dinamis di wilayah sekitarnya,” kata Limbong.

READ  PON akan tingkatkan ekonomi Papua: resmi

Tim kampanye Prabowo tidak menanggapi permintaan komentar.

Dalam manifesto pemilu mereka, Prabowo dan calon wakil presidennya Gebran Rakabuming, yang merupakan putra sulung Jokowi, berjanji untuk melanjutkan kebijakan hilirisasi dan investasi infrastruktur yang dilakukan Jokowi.

“Pada prinsipnya kita perlu menjaga perdagangan bebas. Namun ada prinsip lain yang sangat penting bagi kita, yaitu prinsip kesetaraan kesempatan. [Processing] bahan baku [in Indonesia] “Merupakan hak kami jika rakyat kami ingin maju seperti Anda…,” kata Prabowo pekan lalu di forum Pusat Kajian Strategis dan Internasional (CSIS).

Pernyataan Prabowo juga berjanji untuk terus mengembangkan daerah pedesaan, memberikan bantuan langsung tunai, dan membangun rumah murah.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berjanji akan melanjutkan kebijakan hilirisasi yang diusung Jokowi [File: Willy Kurniawan/Reuters]

Baik Prabowo maupun Ganjar berjanji akan menyelesaikan rencana Widodo untuk ibu kota baru di Kalimantan, sementara Anies tidak menyebut proyek tersebut dalam pernyataannya.

Prabowo dan Ganjar telah menerapkan kebijakan ekonomi yang relatif sama, kata Alexander Arivianto, peneliti senior di S. Rajaratnam School of International Studies yang berbasis di Singapura.

“Misalnya kebijakan makroekonomi dan industri, karena sama-sama berjanji akan mempertahankan kebijakan industri Jokowi, khususnya di sektor pertambangan, migas,” kata Arifianto kepada Al Jazeera.

Namun Arifianto mengatakan Genjar kemungkinan akan lebih menyukai kepemilikan negara karena sejarah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang mendukung nasionalisme ekonomi dan badan usaha milik negara.

Fajr Hirwan, kepala peneliti ekonomi di Pusat Studi Strategis dan Internasional yang berbasis di Jakarta, mengatakan presiden baru harus mendiversifikasi investasi asing “untuk menjaga netralitas geopolitik, dan melakukan lindung nilai terhadap risiko jika negara investor menghadapi masalah dan tidak mampu berinvestasi. dan menghasilkan.” Atau bekerja sama dengan Indonesia untuk jangka waktu yang lebih lama.

Presiden berikutnya juga harus menangani kelestarian lingkungan, pengembangan tenaga kerja dan kebijakan kesejahteraan, kata Fajer.

READ  Lebih dari 160 orang tewas dalam gempa bumi di Indonesia dan ribuan rumah hancur

“Pemenuhan standar pertanian dan industri berkelanjutan akan menentukan apakah ekspor Indonesia akan kompetitif dan diterima di pasar global,” kata Fajer.

Fajr mengatakan, para calon harus mewaspadai kemungkinan konflik antara Israel dan Hamas meluas ke wilayah lain di Timur Tengah.

“Sebagai net importir komoditas minyak, semua kandidat tentunya harus mewaspadai situasi ini,” katanya. “Mereka harus mengantisipasi bahwa konflik dapat berkepanjangan dan akan berdampak pada perekonomian global dan domestik, sehingga memberikan tekanan pada inflasi, yang terutama berasal dari inflasi. komoditas energi.” dan bahan makanan.”

Ekonom Universitas Indonesia Vithira Faisal Hastiadi mengatakan inflasi merupakan kekhawatiran utama masyarakat berpendapatan rendah dan target pertumbuhan ekonomi yang “realistis” adalah 5-6 persen.

“Bagi masyarakat yang berada pada kelompok 40 persen terbawah dari pendapatan… tingkat (inflasi) ini tidak berkelanjutan… (sehingga) pekerjaan dan harga dipandang sebagai prioritas utama mereka,” kata Vithra kepada Al Jazeera.