POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

California menghadapi kehilangan mahkota IPO karena rencana startup teknologi goyah

(Bloomberg) — California telah menghasilkan penawaran umum perdana paling banyak dari negara bagian AS mana pun setiap tahun sejak 2003. Seri ini mungkin berakhir tahun ini kecuali negara bagian emas itu mengambil langkah.

Hanya sembilan perusahaan yang berkantor pusat di California yang go public selama tiga kuartal pertama tahun 2022, dibandingkan dengan 81 yang meluncurkan penawaran umum perdana selama periode yang sama tahun lalu, menurut analisis Bloomberg News. Lebih dramatis, bagian California dari hasil IPO AS telah turun menjadi 2% pada 30 September, dibandingkan dengan 39% untuk tahun 2021.

Massachusetts berada di depan saat ini, dengan 10 perusahaan membuat debut pasar publik mereka tahun ini, berkat adegan biotek yang kuat. Selain itu, total yang dikumpulkan oleh perusahaan-perusahaan ini – $1,2 miliar – lebih dari enam kali lipat dari rekan-rekan mereka di California.

Untuk fokus pada aktivitas perusahaan AS, akun Bloomberg News terbatas pada penawaran umum perdana saham biasa dan tidak termasuk pembelian tujuan khusus yang membantu mendorong volume daftar ke level tertinggi sepanjang masa tahun lalu. Ini juga tidak termasuk REIT dan dana tertutup.

Jay Ritter, seorang profesor keuangan di University of Florida, mengatakan perubahan kekayaan di California sebagian besar disebabkan oleh valuasi yang lebih rendah di antara perusahaan rintisan teknologi di Silicon Valley. “Ini hampir hanya mengatur ulang peringkat,” katanya.

Instacart, bar

Instacart Inc. dan Stripe Inc. Di antara startup yang berbasis di California yang telah menurunkan penilaian mereka tahun ini. Itu bagian dari perubahan mendadak dari tahun 2021, ketika valuasi IPO teknologi melonjak ke level tertinggi sejak masa kejayaan booming dot-com lebih dari dua dekade lalu berdasarkan data rasio harga terhadap penjualan rata-rata yang dikumpulkan oleh Ritter.

READ  Solusi murah, hijau, dan berteknologi rendah untuk kota-kota besar dunia

Perusahaan teknologi negara bagian yang frustrasi sedang menunggu badai berlalu, untuk menunda rencana IPO mereka, mencari pendanaan alternatif atau mengurangi pengeluaran mereka.

“Satu-satunya orang yang akan berakhir dengan IPO jika nilainya turun adalah seseorang yang tidak memiliki alternatif lain,” kata Larry Tap, kepala riset struktur pasar di Bloomberg Intelligence. “Kecuali mereka melihat jalan keluar dalam dua tahun ke depan, mereka akan menunggu selama mungkin.”

Pendukung startup dan karyawan bukan satu-satunya yang memiliki saham di California. Somjita Mitra, kepala ekonom di California Department of Finance, mengatakan IPO “jutawan instan” telah memicu sebagian besar pendapatan pajak penghasilan pribadi negara bagian.

‘efek langsung’

Tahun ini, IPO lokal negara bagian itu hanya mengumpulkan $ 177 juta hingga akhir September, dibandingkan dengan rata-rata $ 16 miliar untuk periode yang sama dalam lima tahun terakhir.

“Kami sudah melihat dampak langsungnya,” kata Brian Ohler, wakil analis legislatif di Kantor Analis Legislatif California. “Sepertinya penting.”

Pada bulan September, pembayaran pemotongan pajak penghasilan majikan California turun 5%, atau $354 juta, dari tahun lalu, menurut LAO Tracker. Oller mengatakan kekeringan IPO tahun ini menjadi pemicu mundurnya.

Sementara itu, Massachusetts termasuk di antara tiga negara bagian teratas dengan jumlah penawaran umum perdana tertinggi di Amerika Serikat selama sembilan tahun berturut-turut.

Tahun ini, empat dari biofarmasi pertama negara bagian itu mengumpulkan lebih dari $200 juta pendapatan, melampaui kesepakatan yang lebih kecil di California.

Pipa bioteknologi

Menurut data Ritter, 2022 akan menjadi tahun kesepuluh di mana sektor biofarmasi menyumbang sekitar sepertiga dari perusahaan publik baru.

Perusahaan biotek, setelah mereka go public, biasanya mencari akuisisi akhirnya setelah uji klinis mereka menghasilkan hasil yang signifikan. Pertumbuhan yang unik ini memberi mereka pangsa pasar IPO yang lebih stabil.

READ  Internet Archive membuka kantor pusatnya, ruang pertemuan untuk dunia teknologi

Ketika perusahaan teknologi tidak go public dan biologi masih melakukannya, pasar IPO akan memiliki “perubahan sintetis” dan Massachusetts akan muncul, kata Martin Kenny, seorang profesor di University of California, Davis. “Boston benar-benar pusat dari startup biotek.”

© Bloomberg LP 2022