POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

BMKG menunjuk bibit siklon dalam prakiraan cuaca terkini

Tempo.co, Jakarta – Aktivitas Tropical Cyclone Seed 98W dipantau secara ketat oleh Badan Meteorologi, Iklim, dan Geofisika, atau BMKG, di Samudera Pasifik barat laut New Guinea. Cyclone Seed memiliki kecepatan angin berkelanjutan 15 knot (28 km/jam).

Benih siklon saat ini bergerak ke arah barat dan diperkirakan akan menjadi siklon tropis skala penuh setelah zona konvergensi dan konvergensi terdeteksi di Samudra Pasifik di sebelah timur Filipina.

Skenario ini meningkatkan potensi pengembangan awan hujan dekat-tropis melintasi zona konvergensi.

Sirkulasi siklon terlacak di Papua Barat dan memicu pembentukan zona konvergensi dari Laut Seram ke pantai utara Papua Barat dan dari pegunungan Papua ke pantai barat Papua Barat.

Daerah pertemuan lainnya ditemukan mulai dari Teluk Thailand sampai Vietnam, dari pantai barat Aceh sampai Selat Malaka, dari pantai barat Bengulu sampai pantai barat Sumatera Barat, dan dari Laut Jawa bagian timur sampai pantai utara Sumatera. Timur. Jawa, dan dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah.

Suhu udara berkisar antara 21-34°C, dengan suhu terendah di Bandung, sedangkan suhu tertinggi terdapat di Surabaya, Pontianak, Panjarmasin dan Medan.

BMKG juga mengeluarkan peringatan pasang naik untuk beberapa wilayah laut Indonesia pada 5-6 Juni.

Maria Francisca Lahore

Pemilihan Guru: BMKG melakukan Perubahan Iklim selama KTT ASEAN

klik disini Dapatkan update berita terbaru dari Tempo di Google News

READ  Mayat wanita Indonesia yang hilang ditemukan di dalam ular piton sepanjang 22 kaki