POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Birken dan Sesang memberi Kenya kemenangan ganda di Jakarta Marathon

Birken dan Sesang memberi Kenya kemenangan ganda di Jakarta Marathon

JAKARTA (ANTARA) – Sheila Zebkoskei Sesang memuncaki nomor putri saat Jeffrey Kiprodich Birken menjadi juara nomor putra pelari Kenya pada Jakarta International Marathon (JAKIM) 2024, Minggu.

Juara kedua lomba putra diraih Kiprop Donui, sedangkan Joseph Mwangi Ngare, Kenneth Kiprop Kipkemoi dan Yimar Ali dari Bililine berbagi posisi ketiga. Semua pelari putra terbaik berasal dari Kenya, kecuali Ali yang berasal dari Ethiopia.

Sedangkan pada nomor maraton putri, Sesang yang menjadi juara pertama meraih juara pertama, Karin Sepdok Muvedich menjadi juara kedua, dan Shaulin Chepkirui Koch menjadi juara ketiga. Mereka semua berasal dari Kenya.

JAKIM 2024 yang diadakan dalam rangka HUT Kota Jakarta ke-497 ini diikuti oleh 232 pelari, kata Raman Armando, Sekretaris Perusahaan Bank BTN, yang mensponsori acara tersebut.

“Pelari asing yang berpartisipasi berjumlah 232…dari 30 negara berbeda di seluruh dunia,” ujarnya.

Pelari Kenya dan Jepang mendominasi pelari asing dengan masing-masing 56 dan 48.

Pertandingan dimulai pukul 04.00 WIB dari pertigaan barat laut Monumen Nasional (Monas) dan berakhir di Stadion Utama Senayan, Kelora Bung Karno (GBK).

JAKIM 2024 terbagi dalam tiga kategori, yakni full marathon (42 km), half marathon (21 km), dan lari 10 km.

Sementara itu, Direktur Utama Bank BTN Nixon LB Nabitubulu mengaku sangat bersyukur berhasil menyelenggarakan Jakarta International Marathon 2024 dan menjadi sponsor utama lomba tersebut.

JAKIM 2024 diselenggarakan untuk mempromosikan Jakarta sebagai tujuan wisata olahraga, dan berharap agenda edisi mendatang dapat menarik lebih banyak pelari.

“Kami ingin mencapai status setara (JAKIM) dengan London Marathon dan New York Marathon jika digabungkan dengan lebih dari 50.000 peserta,” kata Nabitubulu.

READ  Indonesia harus mengeluarkan lebih banyak dana untuk mendorong pengembangan pariwisata

BERITA TERKAIT: Lebih dari seribu pekerja melindungi Jakarta International Marathon 2024
Berita terkait: Jakarta International Marathon: MRT memperpanjang jam angkutan umum