POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Biden menantikan September untuk pertemuan puncak langsung pertamanya dengan Jepang, Australia, dan India – dunia

berita kyodo

Washington, Amerika Serikat ●
Minggu 18 Juli 2021

2021-07-18
18:00

6281d9f905b49edfeb97b8e90322df53
2
Ilmuwan
Joe Biden, Quad, Jepang, AS
Gratis

Pemerintahan Presiden AS Joe Biden telah mengusulkan kepada Jepang, Australia dan India agar mereka mengadakan pertemuan langsung pertama para pemimpin negara-negara “Kuartet” di Washington pada akhir September, menurut sumber-sumber diplomatik.

Pertemuan tatap muka akan mengikuti pertemuan puncak empat arah pertama yang sebenarnya diadakan pada bulan Maret. Pertemuan itu akan menekankan persatuan empat negara demokrasi di kawasan Indo-Pasifik di tengah desakan China yang semakin meningkat.

Biden berusaha membangun “posisi kekuasaan” untuk berurusan langsung dengan Presiden China Xi Jinping, mungkin di sela-sela KTT G20 di Roma pada akhir Oktober.

Sumber tersebut mengatakan bahwa KTT Kuartet diperkirakan akan diadakan setelah debat umum Majelis Umum PBB yang dijadwalkan akan diadakan pada bulan September di New York.

Debat biasanya menyatukan para pemimpin dunia yang memberikan pidato di markas besar PBB, tetapi data video yang direkam sebelumnya akan diizinkan di tengah pandemi virus corona, sehingga tidak pasti apakah para pemimpin Jepang, Australia, dan India akan melakukan perjalanan ke Amerika Serikat.

Jadwal politik Jepang juga tidak jelas, dengan Perdana Menteri Yoshihide Suga menghadapi dua ujian besar pada saat itu – pemilihan kepemimpinan Partai Demokrat Liberal yang berkuasa, yang akan berlangsung ketika masa jabatannya sebagai pemimpin LDP berakhir pada 30 September, dan Dewan Perwakilan Rakyat. Pemilihan deputi, yang harus dilakukan pada bulan November.

Pada bulan Juni, Kurt Campbell, koordinator Gedung Putih untuk kawasan Indo-Pasifik, menguraikan rencana AS untuk menjadi tuan rumah KTT pribadi empat arah pertama di Washington pada musim gugur.

READ  China meluncurkan Proyek Ketenagakerjaan Nasional Sabuk dan Jalan

Pertemuan itu diharapkan membahas upaya untuk memperluas produksi vaksin virus corona dan potensi kerja sama dalam proyek infrastruktur, katanya di sebuah acara think-tank.

Langkah itu tampaknya ditujukan untuk melawan China, yang diyakini meningkatkan pengaruhnya melalui apa yang disebut diplomasi vaksin dengan menawarkan tembakan ke negara-negara berkembang, serta melalui inisiatif infrastruktur lintas batas “Sabuk dan Jalan”.