POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Biarkan Amerika Serikat mengadakan perjanjian senjata dengan Uni Eropa, kata menteri Lituania – POLITICO

Biarkan Amerika Serikat mengadakan perjanjian senjata dengan Uni Eropa, kata menteri Lituania – POLITICO

LONDON – Negara-negara Eropa tidak boleh mengecualikan perusahaan AS dari pengadaan pertahanan, kata Wakil Menteri Pertahanan Nasional Lituania Greta Monika Tokoti kepada majalah Politico.

“Hubungan trans-Atlantik membuat kita kuat dan memungkinkan kita untuk mencegah musuh dan godaan apa pun untuk melintasi perbatasan kita,” katanya pada hari Selasa, dalam sebuah wawancara di sela-sela pameran pertahanan DSEI di London.

“Kita harus bersaing dengan sekutu dan teman-teman kita dalam hal inovasi, namun dalam hal pengadaan secara umum, kita perlu membuat pasar pertahanan terbuka tidak hanya bagi pemain Eropa, tetapi juga bagi sekutu transatlantik,” katanya.

Cara menangani perusahaan-perusahaan dari luar benua ini telah menjadi isu politik yang pelik ketika negara-negara Eropa meningkatkan anggaran pertahanan setelah invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina dan Uni Eropa menjadi pemain penting. Dalam pengadaan pertahanan.

Negara-negara kelas berat seperti Perancis Mereka membayar Bahwa negara-negara Eropa membelanjakan uang Eropa untuk perusahaan-perusahaan Eropa dibandingkan mengandalkan kontraktor asing, atas nama kemerdekaan strategis.

Awal bulan ini, CEO pembuat kapal Italia Fincantieri, Pierberto Folghero, mengatakan kepada Politico bahwa mengizinkan perusahaan non-UE untuk memperoleh pembiayaan dari UE adalah “kegilaan.”

Ini bukan pemandangan yang paling dekat dengan garis depan.

Negara-negara Eropa Tengah dan Timur – yang secara langsung terancam oleh perang agresif Rusia di Ukraina dan secara historis paling dekat dengan Washington dalam masalah keamanan – lebih tertarik untuk membeli senjata Amerika, termasuk Tank, Rudal Dan Pesawat tempur.

Selain anggaran nasional, dana Dana Pertahanan Eropa juga dapat disalurkan ke perusahaan-perusahaan Amerika ketika mereka bergabung dengan kontraktor pertahanan Eropa, kata Tokoti.

“Ketika Dana Pertahanan Eropa bertujuan untuk membiayai proyek-proyek yang dilaksanakan dengan satu atau lebih aktor Eropa, dana tersebut harus dikabulkan, namun terserah pada semua aktor Eropa untuk memutuskannya, dan kami mengetahui pandangan dari berbagai sudut pandang,” kata Toshkuti.

READ  Setelah 20 tahun, Tiongkok dan ASEAN telah mengikuti jalur persahabatan dan pembangunan bersama yang benar: juru bicara Xinhua

Perang tersebut mendorong pemikiran ulang radikal mengenai belanja pertahanan di Lituania. Sebelum Rusia secara ilegal mencaplok Krimea dan melancarkan perang di Ukraina timur pada tahun 2014, Lituania menghabiskan kurang dari 1% PDB-nya untuk keperluan militer. Tahun-tahun ini anggaran Jumlah ini mewakili 2,5% PDB, jauh di atas target NATO sebesar 2%.

Vilnius juga memasang jaring lebar untuk senjatanya. negara bagian Baltik Dia telah membeli dalam beberapa bulan terakhir 18 Caesar howitzer dari perusahaan Prancis Nexter dan Berencana untuk membeli Tank Leopard 2 Jerman juga merupakan tujuan ekspor senjata Norwegia terbesar ketiga. Menurut sebuah laporan Oleh Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm.

Mereka juga membeli drone tempur Switchblade, sistem anti-tank Javelin, helikopter, dan sistem rudal HIMARS dari Amerika Serikat.

“Jika kita mulai bersaing satu sama lain dan bukannya menggabungkan kekuatan, kita akan kehilangan kecepatan,” kata Tokoti. “Pesaing kita, seperti Tiongkok, dan musuh kita, seperti Rusia, tidak akan menunggu.”