POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Berita terbaru tentang Rusia dan perang di Ukraina

Berita terbaru tentang Rusia dan perang di Ukraina

Zelensky mengatakan pemulihan Pulau Ular menunjukkan Ukraina ‘tidak bisa dihancurkan’

Moskow mengatakan pasukan Rusia menarik diri dari Pulau Ular (digambarkan dalam foto gubernur militer Odessa) pekan lalu sebagai “isyarat niat baik”. Namun Ukraina mengatakan pasukan Rusia buru-buru dievakuasi setelah aksi militer berhasil.

Gubernur Militer Odessa | Agensi Anadolu | Gambar Getty

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan perebutan kembali Pulau Ular, sebuah pulau strategis penting di Laut Hitam, mengirimkan pesan yang kuat kepada pasukan Rusia.

Dan sekarang biarkan setiap kapten Rusia – baik kapal atau pesawat – melihat bendera Ukraina di Zmiinyi [Snake Island] Dan kami tahu bahwa negara kami tidak dapat dihancurkan,” kata Zelensky.

Moskow mengatakan pasukan Rusia menarik diri dari Pulau Ular pekan lalu sebagai “isyarat niat baik”. Namun Ukraina mengatakan pasukan Rusia buru-buru dievakuasi setelah aksi militer berhasil.

– Sam Meredith

Lavrov menuduh Barat ‘Takut Rusia’ pada pertemuan G-20

Lavrov Rusia bertemu dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi pada pertemuan para menteri G20 di Bali, Indonesia pada 8 Juli 2022.

Agensi Anadolu | Agensi Anadolu | Gambar Getty

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menuduh pejabat Barat pada pertemuan para menteri G20 di Bali, Indonesia, mengkritik Moskow daripada berfokus pada bagaimana menangani masalah ekonomi global.

Indonesia, tuan rumah G20, mendesak para menteri untuk menemukan cara untuk membantu mengakhiri serangan Rusia ke Ukraina.

“Terlepas dari semua ini dan diskusi yang berguna yang seharusnya memungkinkan kami untuk mengajukan beberapa pertanyaan jujur ​​kepada rekan-rekan Barat kami, mereka tidak memiliki jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini,” kata Lavrov saat tiba di konferensi.

“Hanya ada ketakutan hiruk pikuk Rusia, yang mereka alihkan daripada menemukan landasan bersama yang sangat dibutuhkan pada isu-isu utama yang berkaitan dengan ekonomi dan keuangan global, di mana G-20 diciptakan,” tambahnya.

READ  Menilai Kembali Warisan Ekonomi Susilo Bambang Yudhoyono - The Diplomat

– Sam Meredith

Inggris mengatakan pasukan Rusia telah melihat persiapan untuk serangan baru di Donetsk

Pasukan Rusia sedang mempersiapkan serangan baru di Ukraina timur, menurut Kementerian Pertahanan Inggris.

Kementerian mengatakan di Twitter bahwa pasukan Rusia “kemungkinan besar akan berhenti untuk memperbarui kekuatan mereka sebelum meluncurkan operasi ofensif baru di Oblast Donetsk.” Ia menambahkan bahwa pasukan Ukraina terus membuat “kemajuan bertahap” di wilayah Kherson barat daya.

“Ada kemungkinan realistis bahwa target taktis langsung Rusia adalah Seversk, karena pasukannya berusaha maju menuju target operasional mereka yang paling mungkin di daerah perkotaan Sloviansk Kramatorsk.”

AS meminta pejuang yang ditahan di Ukraina untuk diakui sebagai ‘pejuang’, laporan media

Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Ryabkov mengatakan Amerika Serikat telah meminta agar para pejuang Amerika yang ditahan di Ukraina dianggap sebagai “pejuang”, kantor berita Interfax melaporkan.

Kedutaan Besar AS di London tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar ketika dihubungi oleh CNBC pada hari Jumat.

Putin mengatakan kepada Ukraina bahwa Rusia baru saja memulai aksi militernya

Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri KTT Laut Kaspia di Ashgabat, Turkmenistan pada 29 Juni 2022.

Grigory Sysoev | Sputnik | Reuters

Ketika aksi militer Rusia di Ukraina memasuki bulan kelima, Presiden Rusia Vladimir Putin telah memperingatkan Kyiv bahwa mereka harus menerima persyaratan Moskow atau bersiap untuk yang terburuk, menambahkan bahwa Rusia hampir tidak berjalan.

Berbicara pada pertemuan dengan para pemimpin parlemen yang dikendalikan Kremlin, Putin menuduh sekutu Barat mengobarkan permusuhan, menuduh bahwa “Barat ingin memerangi kita sampai akhir Ukraina”.

“Ini adalah tragedi bagi rakyat Ukraina, tetapi tampaknya mereka menuju ke arah itu,” tambahnya.

READ  Forum Investor Ekonomi Bersih IPEF 2024: Indonesia menawarkan 21 peluang investasi ramah lingkungan

“Semua orang harus tahu bahwa kita belum memulai sesuatu dengan sungguh-sungguh,” kata Putin dalam pesan ancaman.

Dia menyatakan bahwa Rusia masih siap untuk duduk dalam pembicaraan untuk mengakhiri pertempuran, menambahkan bahwa “mereka yang menolak untuk melakukannya harus tahu bahwa semakin lama waktu yang dibutuhkan, semakin sulit bagi mereka untuk mencapai kesepakatan dengan kami.”

– Kantor berita

PBB telah memperingatkan bahwa perang dapat meninggalkan lingkungan Ukraina dengan “warisan beracun bagi generasi mendatang.”

Seorang wanita Ukraina berjalan melewati api dan asap dari api setelah tembakan artileri pada hari ke-30 invasi Ukraina oleh pasukan Rusia di kota timur laut Kharkiv pada 25 Maret 2022.

Aris Messines | AFP | Gambar Getty

Penyelidik PBB mengatakan perang di Ukraina “dapat meninggalkan negara dan wilayah itu dengan warisan beracun untuk generasi mendatang,” menurut laporan pemantauan awal dari wilayah tersebut.

Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa telah menemukan ribuan potensi insiden polusi udara, air dan tanah serta degradasi ekosistem, termasuk risiko bagi negara-negara tetangga.

“Pemetaan dan pemeriksaan awal risiko lingkungan hanya berfungsi untuk mengkonfirmasi bahwa perang adalah racun dalam arti kata yang sebenarnya,” Dalam laporan tersebut, Direktur Eksekutif Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa Inger Anderson menulis.

“Prioritas pertama adalah mengakhiri kehancuran yang tidak masuk akal ini sekarang. Lingkungan adalah tentang manusia: ini tentang mata pencaharian, kesehatan masyarakat, udara dan air bersih, sistem pangan dasar. Ini tentang masa depan yang aman bagi Ukraina dan tetangga mereka, dan lebih banyak kerusakan harus terjadi. tidak dilakukan.” .

Andersen mengatakan Ukraina juga akan membutuhkan dukungan internasional untuk memperbaiki kerusakan di seluruh negeri dan mengurangi risiko ke wilayah yang lebih luas.

READ  Sekretariat Kabinet Republik Indonesia | Badan Pusat Statistik: Perekonomian nasional tumbuh sebesar 3,69 persen pada tahun 2021

– Amanda Macias

Finlandia meningkatkan keamanan di perbatasan Rusia dengan undang-undang yang direvisi

Prajurit tentara Finlandia menghadiri latihan multinasional NATO ‘Cyber ​​Strike’ di Adazi, Latvia, 11 Juni 2015.

Prajurit tentara Finlandia menghadiri latihan multinasional NATO ‘Cyber ​​Strike’ di Adazi, Latvia, 11 Juni 2015.

Parlemen Finlandia telah mengesahkan undang-undang yang direvisi tentang keamanan perbatasan yang memungkinkan penutupan titik persimpangan dengan Rusia di tengah kekhawatiran bahwa Moskow dapat memilih untuk mengirim sejumlah besar migran ke perbatasan.

Langkah anggota parlemen itu terjadi hanya dua hari setelah 30 anggota NATO menandatangani protokol aksesi formal untuk Finlandia dan Swedia untuk bergabung dengan aliansi itu – sebuah hasil yang membuat marah Rusia. Permohonan keanggotaan kedua negara Skandinavia itu telah disetujui pada KTT NATO pada akhir Juni di Madrid.

Amandemen yang disetujui oleh anggota parlemen Finlandia akan memberi pemerintah kiri-tengah yang dipimpin oleh Perdana Menteri Sanna Marin kekuatan yang lebih luas untuk membatasi lalu lintas lintas batas dalam kasus-kasus luar biasa, terutama di perbatasan 1.340 kilometer (830 mil) dengan Rusia, yang terpanjang dari semua anggota Uni Eropa. .

Perubahan juga akan memungkinkan Finlandia, negara berpenduduk 5,5 juta orang, untuk membangun penghalang dan pagar di sepanjang perbatasan dengan Rusia jika perlu. Presiden Finlandia Sauli Niinistö akan menandatangani amandemen menjadi undang-undang pada hari Jumat.

– Kantor berita

Baca liputan langsung CNBC sebelumnya di sini: