POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Belanda berinvestasi di perusahaan teknologi fotovoltaik untuk menciptakan juara nasional baru untuk chip

Dengan $1,2 miliar yang diinvestasikan dalam teknologi fotonik generasi berikutnya, Belanda berharap dapat menciptakan juara nasional baru untuk chip, serupa dengan ASML Holding NV yang berbasis di Vildhoven.

Teknologi ini menggunakan cahaya daripada sinyal elektronik untuk menyampaikan informasi dan dapat digunakan dalam chip, yang sangat diminati karena kombinasi kesulitan penawaran dan permintaan di seluruh dunia.

Mengenai kekurangan chip, beberapa analis mengatakan masalah tidak akan diselesaikan dalam waktu dekat kecuali permintaan turun secara signifikan. Sebagian besar orang dalam industri memperkirakan bahwa kelangkaan akan berlanjut hingga paruh kedua tahun 2022, dengan beberapa produk masih tertunda pada tahun 2023 karena kekurangan chip.

Namun, photonics adalah salah satu dari enam “teknologi yang memungkinkan kunci” yang diidentifikasi oleh Komisi Eropa.Menurut laporan sebelumnya, sirkuit terpadu optik telah ditemukan untuk meningkatkan bandwidth dan menjanjikan lebih cepat.

PhotonDelta, sebuah lembaga yang didukung pemerintah yang bertujuan untuk mengembangkan ekosistem fotonik di Belanda, bertanggung jawab atas rencana tersebut. Grup akan berinvestasi di 200 perusahaan baru dan membantu 26 perusahaan yang sudah ada berkembang.

Pemerintah Belanda akan memberikan kontribusi sekitar $ 509 juta, dengan sisa dana diinvestasikan oleh sejumlah mitra, termasuk Universitas Teknologi Eindhoven dan Universitas Twente.

CEO PhotonDelta Ewit Roos mengatakan dia mengharapkan Belanda untuk mendominasi industri chip fotonik global sebagai hasil dari upaya ini, yang mirip dengan monopoli ASML pada mesin litografi UV canggih.

Dalam hal penilaian pasar, perusahaan telah melampaui Intel.

“Jika kita melanjutkan perkembangan ini, sektor fotonik di Belanda akan memiliki omset €5 miliar pada 2030,” katanya, dengan pangsa pasar sekitar 30%.

Upaya tersebut merupakan dorongan kedua pemerintah Belanda untuk teknologi fotovoltaik, setelah menginvestasikan €20 juta di Smart Photonics, pembuat chip optik di Eindhoven, pada tahun 2020 untuk menangkis minat China di sektor vital.

Menurut Ross, perusahaan fotonik Belanda terus menarik minat China. Di tengah ketegangan perdagangan antara Amerika Serikat dan China, pemerintah juga telah menggagalkan upaya ASML untuk berekspansi ke China melalui penjualan sistem litografi ultraviolet ekstrem, dan menolak permohonan izin ekspor.

“Kami menginvestasikan banyak uang dan penelitian di sel surya, tetapi kami kehilangan seluruh industri ke China. Kami memiliki kesempatan untuk melakukannya secara berbeda kali ini,” kata Ross, seperti dilansir Bloomberg.

Teknologi optik diklaim strategis dan adaptif, dengan aplikasi mulai dari mobil self-driving hingga infrastruktur data yang lebih cepat dan tahan lama yang diperlukan untuk komputasi kuantum dan konektivitas 5G.

Baca semua berita terbaru, berita terkini, dan pembaruan langsung untuk IPL 2022 di sini.

READ  Kepala Perdagangan Inggris Liz Truss mencari hubungan yang lebih dekat dengan perusahaan teknologi pada kunjungan AS - Politico