POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Beijing memanggil waktu untuk belanja teknologi besar-besaran

Kampanye antimonopoli China tidak hanya berarti peningkatan pengawasan terhadap bisnis raksasa teknologi yang ada — merger dan akuisisi, bahkan yang kecil, juga akan semakin disorot.

Seminggu terakhir telah terlihat dua keputusan yang dibuat oleh Beijing yang mungkin merupakan tanda-tanda jalan yang sulit di depan bagi raksasa internet yang lebih diakuisisi, Alibaba dan Tencent.

Pada hari Sabtu, pengawas antimonopoli China melarang penggabungan platform streaming game langsung Huya dan Douyu, yang membantu pengguna menyiarkan eksploitasi mereka dalam video game. Tencent adalah pemegang saham terbesar di keduanya. Ini menandai merger platform online pertama yang dilarang di bawah undang-undang antimonopoli negara itu. Kedua platform memiliki 70% penuh dari pasar streaming game langsung.

Satu poin penting bagi penyelenggara: Tencent juga merupakan pemimpin di pasar game online yang jauh lebih besar. Dominasi Tencent di kedua pasar akan memungkinkannya menggunakan platform gabungan Huya-Douyu untuk mempromosikan gamenya sendiri dan mengecualikan game pesaing.

Seolah-olah untuk menunjukkan bahwa tidak ada larangan menyeluruh pada transaksi, regulator menyetujui akuisisi mesin pencari Sogou oleh Tencent minggu ini. Pembelian Sogou, yang menempati urutan kedua di pasar pencarian China, tidak mungkin menimbulkan masalah antimonopoli.

Sebagian, pengawasan yang lebih tinggi dari kesepakatan itu hanya mengejar. China hanya menangguhkan satu kesepakatan antara 2013 dan 2020 dan memberlakukan persyaratan pada 32 di antaranya, menurut firma hukum Clifford Chance. Dengan jumlah kesepakatan yang sedikit lebih kecil selama periode ini, Uni Eropa melakukan intervensi dalam 158 kesepakatan, termasuk melarang delapan di antaranya.

Regulator China tampaknya lebih memperhatikan mengintegrasikan perusahaan yang tidak bersaing secara langsung di pasar yang sama. Misalnya, regulator China memberlakukan persyaratan bundling produk untuk dua transaksi semikonduktor tahun lalu – Infineonini

$9,4 miliar akuisisi Cypress dan Nvidiaini

Akuisisi Mellanox senilai $6,9 miliar – sementara kedua kesepakatan di AS dan Eropa disetujui tanpa syarat.

READ  Anggota parlemen Rusia memilih untuk memaksa raksasa teknologi AS membuka kantor lokal

“Regulator China saat ini lebih peduli dengan dampak merger konglomerat daripada rekan-rekan mereka di Eropa atau Amerika,” kata Ninette Dudu, mitra dan ketua bersama perusahaan antimonopoli China Freshfields.

Kedua kesepakatan tersebut melibatkan perusahaan asing, jadi akan menarik untuk melihat apakah prinsip yang sama sekarang akan diterapkan pada kerajaan internet raksasa teknologi China. Pedoman pemerintah yang diterbitkan pada bulan Februari tentang ekonomi platform juga mengatakan regulator akan lebih memperhatikan kesepakatan yang melibatkan perusahaan baru. Raksasa teknologi seperti Alibaba dan Tencent adalah investor yang produktif di perusahaan rintisan yang menjanjikan – terkadang mencegah mereka mendapatkan dana dari pesaing mereka.

Perusahaan teknologi, yang sebelumnya sering tidak menawarkan kesepakatan, perlu mengambil pendekatan yang lebih keras. Regulator telah mendenda perusahaan internet besar karena gagal menawarkan kesepakatan, bahkan beberapa kesepakatan yang lebih kecil. Dendanya kecil dan tidak ada transaksi yang dianggap non-kompetitif, tetapi ini merupakan sinyal kepatuhan di masa depan. Pemerintah juga telah menjelaskan bahwa entitas dengan kepentingan yang berubah, struktur hukum yang digunakan banyak perusahaan teknologi China untuk menghindari pembatasan lokal, juga tunduk pada persyaratan pendaftaran. Hukuman untuk tidak mengajukan RUU anti monopoli akan melonjak.

Merger dan akuisisi tidak akan berakhir. Tapi barat liar yang bebas selama beberapa hari terakhir benar-benar berakhir. Ke depan, ketika perusahaan teknologi besar ingin menjadi lebih besar, mereka perlu mengajukan kasus mereka langsung ke regulator — dan dengan kepastian yang jauh lebih sedikit daripada persetujuan.

menulis ke Jacky Wong di [email protected]

Hak Cipta © 2021 Dow Jones & Company, Inc. semua hak disimpan. 87990cbe856818d5eddac44c7b1cdeb8