POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Bank Indonesia menaikkan perkiraan pertumbuhan ekonomi global menjadi 5,7 persen

Bank Indonesia: Pertumbuhan Ekonomi Naik 5,8 persen

“Perekonomian global diperkirakan tumbuh lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya di tengah ketidakpastian pasar global yang kembali meningkat akibat penyebaran varian delta Covid-19 di berbagai negara,” kata Berry dalam konferensi pers online di Kamis, Juli. 22, 2021.

Gubernur BI menjelaskan, peningkatan pertumbuhan ekonomi di Amerika Serikat dan kawasan Eropa merupakan pelengkap dari percepatan vaksinasi dan berlanjutnya stimulus fiskal dan moneter di negara-negara tersebut.

Di kawasan seperti India dan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara, menurut Berry, diperkirakan lebih rendah. Hal ini dikarenakan pemberlakuan pembatasan pergerakan orang guna menekan eskalasi kasus Covid-19. Sementara China akan mendorong pertumbuhan ekonomi yang tinggi.

Sejalan dengan perkiraan pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi, volume perdagangan dan harga komoditas dunia diperkirakan akan meningkat. Artinya, akan mampu mendukung ekspor negara-negara berkembang, termasuk Indonesia, dalam rangka mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Sementara itu, ketidakpastian pasar keuangan global meningkat akibat kekhawatiran pasar terhadap meningkatnya penyebaran Covid-19 serta dampaknya terhadap prospek ekonomi global.

Baca: Sri Mulyani Prediksi Pertumbuhan Ekonomi 8,3% Kuartal II 2021

Siharani Putri | Maudey K. Setyakusuma (Pelatih)

READ  12 inovator bekerja untuk meningkatkan kehidupan pekerja sektor informal di Indonesia