POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

B20 WiBAC berupaya untuk mempromosikan UMKM yang dipimpin perempuan

Ada peluang (bisnis) besar yang bisa kita capai melalui kesetaraan partisipasi perempuan di bidang ekonomi.

Jakarta (ANTARA) – Business Action Council of Indonesia (WiBAC), salah satu dari 20 kelompok kerja (B20) B20, mendorong pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang dipimpin perempuan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi global. .

B20 adalah forum resmi untuk komunitas bisnis global G20. Ini memberikan rekomendasi kebijakan praktis dari perspektif bisnis ke G20.

B20 WiBAC menyelenggarakan acara halaman pertama pada hari Jumat yang berjudul “Accelerating UMKM for Women in the Global Economy” untuk mempromosikan rekomendasi kebijakan dan tindakan yang disiapkan oleh Working Group untuk mempromosikan pertumbuhan ekonomi global yang tangguh dan berkelanjutan, termasuk melalui pemberdayaan perempuan. .

“Ada peluang (bisnis) besar yang bisa kita raih melalui kesetaraan partisipasi perempuan di sektor ekonomi,” kata Ira Noviarti, Presiden B20 WiBAC, dalam keterangannya.

Berita Terkait: Indonesia mendorong peningkatan akses ke instrumen keuangan

Namun, karena wabah mulai tahun 2020, ada kesenjangan yang lebar dalam pemanfaatan peluang tersebut, tambahnya.

Ia mengatakan, minimnya akses, peluang dan keterwakilan perempuan pada posisi strategis di sektor bisnis akan menjadi fokus WiBAC B20 agar masalah tersebut bisa diselesaikan bersama.

Data dari B20 WiBAC menunjukkan bahwa partisipasi gender yang setara dalam ekonomi global dapat mendorong pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) global hingga $28 triliun pada tahun 2025.

Di Indonesia, UMKM menyumbang 60 persen dari total perekonomian nasional dan 97 persen menyerap tenaga kerja. Setidaknya 64 persen UMKM dimiliki oleh perempuan.

Menurut Shinda Kamtani, Presiden B20 Indonesia, B20 telah membentuk platform bagi 1.000 pengusaha wanita (OGWE) untuk meningkatkan kemampuan digital mereka dan menyediakan akses ke keuangan dan investasi.

READ  Jumlah kematian COVID-19 terus meningkat, gugus tugas memperingatkan

Berita Terkait: Indonesia mempromosikan biofuel untuk konversi energi yang berpusat pada masyarakat

Dia menambahkan bahwa B20 WiBAC telah merekomendasikan tiga inisiatif utama untuk mempromosikan pertumbuhan ekonomi yang inovatif, inklusif dan terintegrasi.

Ini termasuk mempromosikan kewirausahaan perempuan dengan menciptakan ekosistem yang menyediakan akses ke bantuan keuangan, peraturan dan bantuan teknis; Mempromosikan keterampilan digital dan kepemimpinan perempuan; Serta meningkatkan lingkungan kerja yang adil dan aman untuk semua.

Pada acara sampingan B20 WiBAC pada hari Jumat, dua Memorandum of Understanding (MoU) ditandatangani antara beberapa perusahaan yang berjanji untuk mempromosikan UMKM perempuan di Indonesia.

Berita Terkait: Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan pertama Menteri Keuangan dan Kesehatan G20

Berita Terkait: Indonesia mencari dukungan G20 dari Organisasi Kesehatan Dunia