POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Australia memiliki lebih banyak spesies burung asli dibandingkan negara lain.  Apa yang menyebabkan ledakan keberagaman ini?

Australia memiliki lebih banyak spesies burung asli dibandingkan negara lain. Apa yang menyebabkan ledakan keberagaman ini?

Artikel ini telah ditinjau menurut Sains Proses pengeditan
Dan Kebijakan.
Editor Fitur-fitur berikut disorot sambil memastikan kredibilitas konten:

Periksa fakta

sumber terpercaya

Ditulis oleh peneliti

Mengoreksi

Kredit: Domain Publik Pixabay/CC0

× Menutup

Kredit: Domain Publik Pixabay/CC0

Ketika Anda keluar hari ini, apakah Anda melihat burung? Mungkin pesta, atau burung gagak?

Jika Anda melakukannya, kemungkinan besar burung yang Anda lihat tidak tinggal di mana pun kecuali di Australia. Dari tentang 850 spesies Ditemukan di Australia, 45% bersifat “endemik”, artinya hanya ada di Australia. Satu-satunya negara lain yang memilikinya Spesies yang lebih endemik Itu adalah Indonesia.

Berkat sayapnya, burung menjadi penjelajah terhebat di dunia. Jadi mengapa burung Australia dalam jumlah besar tidak ditemukan di tempat lain?

Aturan iklim

Cerita dimulai Lebih dari 45 juta Bertahun-tahun yang lalu, ketika Australia pertama kali memisahkan diri dari Antartika dan mulai menuju utara. Peristiwa yang terjadi selama perjalanan ini – khususnya yang berkaitan dengan iklim kita – yang menyebabkan keanekaragaman burung di Australia saat ini.

Saat pertama kali diluncurkan, Australia ditutupi oleh hutan hujan lebat. Saat melayang, iklim menjadi lebih kering. Tumbuhan khas kami di padang rumput dan hutan kayu putih mulai menyebar ke seluruh benua.

Namun tren pengeringan ini tidak konstan. Khususnya, dalam jutaan tahun terakhir, periode kering yang terkait dengan zaman es telah berganti dengan periode basah, seperti Pleistosen. zaman Holosen– itulah yang kita alami selama sekitar sepuluh ribu tahun terakhir.

Namun iklim tidak berubah selama ribuan tahun. Hal ini juga bervariasi, seperti yang kita ketahui, dari tahun ke tahun. Australia telah lama mengalami kekeringan panjang, terkadang berlangsung selama beberapa dekade, dan diselingi hujan lebat.

READ  Terlepas dari penghinaan jenderal, Myanmar mengatakan pihaknya berkomitmen untuk rencana perdamaian ASEAN-Asia Pasifik

Apa hubungan antara iklim dan burung?

Keanekaragaman burung Australia muncul sebagian karena daftar penumpang kapal Australia yang bagus. Ini termasuk burung beo purba dan nenek moyang burung penyanyi pertama di dunia: Burung Lyrebird dan burung scrub. Kedua kelompok ini sangat mudah beradaptasi dan memiliki otak yang lebih besar dibandingkan burung lain untuk ukurannya.

Namun, pada akhirnya, iklimlah yang memberi kita begitu banyak spesies endemik. Setiap kali iklim mengering, burung-burung yang lebih menyukai hutan terdorong ke tepi benua yang lebih basah, tempat mereka berevolusi menjadi spesies terpisah. Di masa basah, beberapa hutan menyebar dan terhubung kembali, namun kini terdapat dua atau lebih spesies, bukan hanya satu.

Hal yang sama juga terjadi pada burung darat, yang terbelah ketika cuaca menjadi terlalu kering. Satu kelompok kuno disebut rumput Ini memiliki tipe yang berbeda-beda Di hampir semua daerah terpencil yang habitatnya gersang di seluruh negeri.

Burung beo dan kakatua juga telah melakukan diversifikasi ke berbagai spesies, mulai dari macaw kecil hingga kakatua kecil. Kakatua hitam besar.

Animasi ini menunjukkan benua Pangea membelah daratan yang kita miliki saat ini.

Lalu lintas satu arah

Tapi ini hanya sebagian dari cerita. Anda mungkin pernah mendengar tentang benua super asli, Pangaea, yang… Itu terpecah menjadi Gondwana dan Laurasia Sekitar 200 juta tahun yang lalu. Kapan Gondwana akhirnya berpisahBeberapa benua bergerak ke utara dan berbagi fauna dengan wilayah yang mereka temui di Belahan Bumi Utara.

Ketika Afrika dan India bertabrakan dengan Asia dan Eropa, spesies dari benua super kuno Gondwana dan Laurasia bercampur. Amerika Utara dan Selatan Mereka juga bertukar tumbuhan dan hewan ketika daratan mereka digabungkan. Australia berbeda. Dan sekali lagi, ini tentang iklim.

READ  Menteri Perdagangan Gan mengatakan Singapura akan sangat mendukung prioritas G20 India

Ketika Australia bergerak ke utara, pergeseran lempeng tektonik menjatuhkan pulau-pulau yang menjadi batu loncatan ke Asia. Hal ini memungkinkan para penyanyi Australia untuk menjelajah dunia yang lebih luas, di mana mereka tampil dengan sangat baik. Faktanya, para peneliti percaya bahwa 5.000 spesies burung penyanyi di dunia berasal dari Australia.

Pertanyaannya mengapa gerakan ini bersifat satu arah? Mengapa burung Asia dan Amerika seperti burung pelatuk tidak melompat ke Australia? Salah satu alasannya mungkin karena pada saat itu Australia dipenuhi burung-burung tangguh yang telah berevolusi untuk beradaptasi dengan iklim yang cukup rata-rata.

Sebaliknya, burung dari Asia berevolusi di hutan hujan lebat. Pulau mana pun yang tersebar ke selatan di sepanjang rangkaian pulau yang mengarah ke Australia tidak akan mampu menghadapi kekeringan. Mereka juga harus bersaing dengan burung beo dan burung penyanyi yang sudah tahu cara memanfaatkan sumber daya yang tersedia secara maksimal.

Beberapa di antaranya berhasil, termasuk Jamil Sekelompok burungTapi ini adalah pengecualian yang membuktikan aturan tersebut.

Budgie adalah yang terbaik

Mungkin bukan suatu kebetulan jika burung sangkar paling populer di dunia berasal dari Australia. Hidup dalam sangkar tidak cocok untuk semua burung; Kebanyakan burung adalah makhluk halus yang membutuhkan perawatan terus-menerus jika dibesarkan di penangkaran.

Sebaliknya, burung macaw, cockatiel, dan kutilang zebra di wilayah kering Australia yang bergejolak dan bergejolak, bisa bertahan hidup ketika keadaan berjalan baik, karena El Niño berikutnya bisa saja dimulai minggu depan. Hal ini berguna untuk mampu menangani suhu yang berkisar antara -10°C hingga lebih dari 40°C.

Australia juga memiliki banyak spesies burung yang sama dengan New Guinea. Hal ini tidak mengherankan, mengingat kita berada di lempeng benua yang sama.

READ  Ledakan pariwisata Turki telah dipengaruhi oleh invasi Rusia ke Ukraina

Selat Torres sangat dangkal sehingga turunnya permukaan air laut selama Zaman Es akan membentuk jembatan darat yang bahkan dapat dilalui oleh kasuari (itulah sebabnya kasuari berbagi wilayah dengan New Guinea).

Bagi sebagian besar burung Australia lainnya yang ditemukan di tempat lain, seperti burung pantai dan burung laut, air bukanlah halangan.

Tapi sebagian besar burung kita adalah milik kita sendiri. Kami harus menikmatinya dan merawat mereka, karena mereka tidak punya rumah lain.