POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

ASEAN menunggu penunjukan utusan untuk Myanmar – Senin, 17 Mei 2021

Diane Speary

Luar biasa

Jakarta ●
Senin, 17 Mei 2021

Lebih dari tiga minggu setelah pertemuan para pemimpin ASEAN yang belum pernah terjadi sebelumnya, di mana negara-negara anggota sepakat tentang bagaimana menangani krisis berdarah di Myanmar, kepala blok tersebut belum menunjuk utusannya untuk negara yang dilanda konflik itu.

Proses musyawarah yang lambat sekali lagi mengangkat masalah komitmen blok tersebut untuk menangani dampak politik kudeta militer terhadap pemerintah sipil terpilih pada 1 Februari, karena ancaman ketidakstabilan regional membayangi.

Pada 24 April, enam pemimpin Asia Tenggara bertemu untuk pertama kalinya sejak dimulainya epidemi di sekretariat Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Jakarta, di mana mereka bertemu dengan pemimpin kudeta Myanmar Min Aung Hlaing, untuk membahas situasi “sebagai sebuah keluarga”.

Pada pertemuan tersebut, mereka mencapai konsensus lima poin tentang krisis politik dan kemanusiaan di negara tersebut. Dari lima …

Baca cerita lengkapnya

berlangganan sekarang

Mulai dari Rp55.000 / bulan

  • Akses tak terbatas ke konten kami di web dan aplikasi
  • Tanpa iklan, tanpa gangguan
  • Berlangganan bonus untuk partisipasi
  • Bookmark dan fungsi mode malam di aplikasi
  • Berlangganan newsletter kami

READ  Pemerintah bertujuan untuk melipatgandakan pengumpulan sampah plastik pada tahun 2030 untuk memacu daur ulang - Bisnis