POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

ASEAN harus terus memboikot junta Myanmar

Pemimpin Singapura mengatakan ASEAN harus terus mengundang perwakilan non-politik dari Myanmar ke pertemuannya dan setiap keputusan untuk mengubah “harus didasarkan pada fakta baru”.

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong telah mendesak ketua baru kelompok regional, Kamboja, untuk melibatkan semua pihak dalam konflik Myanmar. (Reuters)

Pemimpin Singapura mengatakan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) harus terus mengecualikan junta militer Myanmar dari pertemuannya sampai mereka bekerja sama dalam rencana perdamaian yang disepakati.

Kementerian Luar Negeri Singapura mengatakan pada hari Sabtu bahwa Perdana Menteri Lee Hsien Loong mendesak dalam panggilan video pada hari Jumat kepala baru kelompok regional, Kamboja, untuk melibatkan semua pihak dalam konflik Myanmar.

Lee mengatakan kepada rekannya dari Kamboja Hun Sen bahwa ASEAN harus terus mengundang perwakilan non-politik dari Myanmar ke pertemuannya dan setiap keputusan untuk mengubah “harus didasarkan pada fakta baru.”

Komentarnya muncul setelah kunjungan kontroversial Hun Sen minggu lalu ke Myanmar, di mana ia bertemu dengan Min Aung Hlaing, kepala pemerintahan militer yang dikeluarkan dari KTT para pemimpin ASEAN karena gagal menerapkan Rencana Lima Poin untuk Mengakhiri Permusuhan dan Membiarkan . Dialog setelah kudeta tahun lalu.

Menteri Luar Negeri Malaysia Saifuddin Abdullah membuat komentar serupa pada hari Kamis, mengatakan bahwa beberapa anggota ASEAN berpendapat bahwa Hun Sen seharusnya mendiskusikan perjalanannya dengan sesama pemimpin sebelumnya, karena dapat dilihat sebagai pengakuan junta.

Baca lebih lajut: Myanmar memiliki semua bahan perang saudara: ketua ASEAN

Partisipasi komprehensif dengan dewan militer

Lee mengatakan kepada Hun Sen bahwa setiap keterlibatan dengan Myanmar harus melibatkan “semua pihak yang terlibat”, termasuk partai penguasa yang digulingkan dari peraih Nobel Aung San Suu Kyi.

Pemimpin Singapura itu mengatakan bahwa terlepas dari komitmen Myanmar terhadap perdamaian, militer telah melancarkan lebih banyak serangan terhadap lawan politiknya dan menjatuhkan hukuman penjara lebih banyak kepada Suu Kyi.

Menurut pernyataan itu, Hun Sen memberikan beberapa saran kepada Lee tentang bagaimana mengoordinasikan gencatan senjata di Myanmar dan memberikan bantuan kemanusiaan.

Lee menjawab bahwa ini mungkin rumit karena tidak ada akses untuk semua pihak, meskipun Singapura pada prinsipnya tidak keberatan dengan gagasan itu.

Menurut pernyataan itu, Lee mengatakan semua usulan Kamboja, sebagai ketua ASEAN, harus didiskusikan lebih lanjut di antara para menteri luar negeri ASEAN.

“Perdana Menteri Lee berharap Kamboja akan mempertimbangkan pandangannya dan para pemimpin ASEAN lainnya,” tambahnya.

Kamboja pada Rabu menunda pertemuan perdana kepresidenan ASEAN yang dijadwalkan minggu depan karena beberapa menteri luar negeri menyatakan “kesulitan” untuk hadir.

Komentar Lee juga muncul beberapa hari setelah Menteri Luar Negeri Kamboja Prak Sokon mengatakan di halaman Facebook-nya bahwa Singapura mendukung pendekatan Kamboja terhadap krisis Myanmar.

Baca lebih lajut:
Kepala junta Myanmar mendukung upaya perdamaian ASEAN

Sumber: Reuters

READ  Mantan Penasihat Negara Aung San Suu Kyi tidak akan menentang pemberontakan bersenjata di Myanmar - Radio Free Asia